20/04/2024 16:41
NASIONAL

Ratusan Rumah di Binjai Terendam Banjir

fokusmedan : Ratusan rumah di dua Kecamatan yakni Kecamatan Binjai Selatan dan Binjai Kota terendam oleh banjir akibat diguyur hujan deras sejak Selasa (29/9/2020) malam.

Berdasarkan data milik Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, sebanyak 846 KK atau 3.456 jiwa dari 7 Kelurahan di dua Kecamatan itu terdampak banjir tersebut. Di Kecamatan Binjai Selatan, masing-masing Kelurahan Rambung Barat ada 200 KK, Kelurahan Rambung Timur ada 54KK, Kelurahan Rambung Dalam ada 10 KK dan Kelurahan Binjai Estate ada 30 KK.

Kemudian di Kecamatan Binjai Kota, untuk di Kel Setia terdapat 500KK, Kelurahan Kartini 50KK dan Kelurahan Satria sebanyak 3KK.

Sementara itu, pasca banjir personel dari BPBD Kota Binjai telah melakukan evakuasi dan mendirikan tenda posko sebagai dapur umum. Selain itu, personel Brimob dari Kompi 4 Batalyon A Pelopor turut serta membantu warga dalam penanganan banjir ini.

Danyon A Sat Brimob Polda Sumut Kompol Berhard L Malau mengatakan, dalam proses penanganan banjir ini, sebanyak 11 orang personel dikerahkan untuk membantu mengevakuasi warga di Gang Damai, Gang Awaludin dan Gang Melati yang merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Bangkatan di Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota.

Selain mengevakuasi warga, sambung dia, personel yang turun juga membantu mengevakuasi kendaraan roda 2 dan barang elektronik milik warga, serta turut membantu membersihkan rumah warga yang terdampak banjir ini.

“Langkah ini kita lakukan sebagai wujud Bhakti Brimob untuk masyarakat,” tandasnya.(riz)