Mantan Kadinkes Sumut meninggal dunia

fokusmedan : Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Sumut di era Gubsu Gatot Pujo Nugroho, dr Raden Roro Siti Hatati Surjantini meninggal dunia di Rumah Sakit Murni Teguh, Selasa (25/8).

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah menyampaikan jika hasil swab dia, saat meninggal sudah dinyatakan negatif Covid-19.

“Karenanya, almarhum dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU), bukan dilakukan secara protokol pemulasaran jenazah Covid-19,” sebutnya kepada wartawan.

Ia menjelaskan, sebelumnya Surjantini masuk ke rumah sakit dengan keluhan sakit pada kakinya. Setelah itu dia pun menjalani operasi untuk pengobatannya.

“Kalau nggak salah setelah dioperasi baru diketahui ada Covidnya,” jelasnya.

Namun setelah menjalani perawatan secara intensif, Surjantini pun dinyatakan sembuh dari Covid-19, usai didapatkan hasil swab Polymerase Chain Reaction (PCR) nya dua kali negatif. Selanjutnya selang beberapa waktu kemudian, Surjantini lalu meninggal.

Menurut Aris, meski telah dinyatakan sembuh, dampak virus corona mungkin telah sempat merusak organ vitalnya. Sehingga meski pun virus corona nya sudah tidak ada, tetapi organ vital yang sebelumnya telah dirusak belum sempat untuk memperbaharui diri.

“Jadi bisa saja (meninggalnya) karena komplikasi. Virusnya telah hilang tetapi penyakit yang diakibatkannya masih tinggal,” terangnya.

Disinggung bagaimana Surjantini dapat terinfeksi Covid-19, Aris mengaku tidak mengetahuinya secara pasti. Selain itu Aris juga mengatakan, meski tidak lagi menjabat sebagai Kadis Kesehatan Provinsi Sumut, Surjantini masih tercatat sebagai fungsional di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan sebagai dosen di Politekes Medan.

“Beliau orangnya memang sering di rumah. Apalagi selama pandemi Covid-19 dia juga selalu di rumah,” tandasnya.(riz)