Alumni AHM Best Student Bagikan Inspirasi Berwirausaha

fokusmedan : Jelang digelarnya ajang apresiasi dan kompetisi ide bisnis kreatif generasi muda Sumatera Utara (Sumut) bertajuk Lomba Karya Tulis Ilmiah Astra Honda Motor Best Student (AHM Best Student) 2020 Regional yang akan berlangsung pada Oktober mendatang, maka PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda selaku penggagas terlebih dulu menggelar sosialisasi ajang bergengsi di kalangan pelajar ini melalui Podcast sebagai sarana berbagi pengalaman berwirausaha dari para alumni AHM Best Student tahun-tahun sebelumnya.

Podcast yang disiarkan live di media sosial Intagram @Tribunmedandaily pada 24 Agustus 2020 turut menghadirkan Rocky Irvan selaku Community Development PT Indako Trading Coy, dan Septi Lumongga Duma. R yang merupakan Runner Up AHM Best Student Regional Sumut 2016 berhasil menarik perhatian dari para netizen.

Septi yang sempat membuat kagum para juri AHM Best Student 2016 melalui karya tulis berjudul “ Membangun Ecopreneurship di Kalangan Generasi Muda Melalui ‘PERWIRA’ (Pelatihan Wirausaha Muda)” , ini juga pernah berhasil mendapatkan Awardee Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2017.

Bahkan berkat ketekunannya berwirausaha, saat ini gadis berparas cantik ini juga berhasil memanfaatkan media sosial sebagai lahan usahanya sebagai Co-Fouder @ihzabookstore dan owner @hdyh.gds yang semakin menginspirasi generasi muda lainnya.

Septi mengungkapkan, dirinya sangat bersyukur dapat kesempatan mengukir prestasi di ajang bergengsi AHM Best Student. Menurutnya AHM Best Student bukan hanya sekedar kompetisi karya tulis, namun banyak sekali pelajaran dan pengalaman berharga yang dapat diperoleh.

Karenanya, Ia mengajak generasi muda Sumatera Utara untuk ikut dalam ajang ini dengan mengangkat ide kreatif, dan melihat peluang yang ada di sekitar untuk dituangkan ke dalam karya tulis ilmiah.

“Ajang AHM Best Student sangat berperan dalam membentuk karakter dan pola fikir kita untuk menjadi anak muda yang kreatif, cerdas dan berani memanfaatkan peluang yang ada. Karenanya, mari pacu semangat kalian untuk berprestasi di ajang AHM Best Student, “ ujar Septi.

Rocky Irvan, Community Development PT Indako Trading Coy mengungkapkan, dalam kegiatan berbagi pengalaman ini, Honda mengajak para siswa menggali inspirasi dan motivasi para alumni yang sukses setelah AHM Best Student baik di bidang pendidikan, pekerjaan, maupun wirausaha.

Menurutnya, aktivitas ini diyakini dapat memacu semangat para pelajar Sumut untuk berani mewujudkan mimpi. “ Kompetisi AHM Best Student 2020 sendiri hadir dengan konsep baru yang lebih menantang bagi para pelajar setingkat SLTA (SMA/SMK/MA/MAK) semua jurusan.

Dimana kompetisi yang mengangkat tema Satu Hati Menuju Indonesia Maju ini menjadi bentuk komitmen kuat Honda untuk tetap mendorong lahirnya sumber daya manusia muda yang unggul kendati di masa sulit menghadapi pandemi Covid-19, “ ujarnya.

Memasuki tahun pelaksanaan ke-18, AHM Best Student terus disempurnakan untuk memberi manfaat lebih bagi peserta maupun penerima manfaat di sekitarnya. Pada tahun ini, AHM Best Student hadir dengan konsep pelaksanaan baru, dimana keseluruhan proses kompetisi mulai dari sosialisasi, seleksi, kegiatan pengayaan ilmu, hingga penganugerahan pemenang dilakukan secara daring.

Selain itu, konsep perlombaan juga semakin disempurnakan sesuai perkembangan dunia pendidikan saat ini. Kategori perlombaan tahun ini dibagi menjadi 5 kategori yaitu tema pendidikan, lingkungan, kesehatan, ekonomi, serta inovasi di bidang teknologi.

Peserta dengan karya tulis yang kreatif dan inovatif berkesempatan melakukan seleksi presentasi yang dilakukan daring secara bertahap mulai dari main dealer, area regional, hingga seleksi final di tingkat nasional.

Sementara itu Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy mengungkapkan, kreativitas dan generasi millenial merupakan aset yang dapat berkontribusi positif untuk masyarakat dan kemajuan bangsa.

“Dengan semangat Satu Hati, Honda terus berupaya mengiringi langkah generasi muda untuk dapat terus mengembangkan kualitas diri. Keberagaman kategori pada kompetisi kali ini diharapkan dapat memberi ruang lebih banyak bagi para siswa dengan berbagai minat ilmu untuk berkreasi dan mendukung kreativitas para pelajar Sumatera Utara, “ ujarnya.(ril)