19/04/2024 9:08
INTERNASIONAL

Iran dan Rusia Sepakat Kerja Sama Lawan Pengaruh AS di Timur Tengah

fokusmedan : Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Amir Hatami menyampaikan, Iran dan Rusia telah menjadi ujung tombak upaya bersama selama beberapa tahun terakhir untuk melawan pengaruh Amerika Serikat (AS) di wilayah tersebut.

“Selama beberapa tahun terakhir, Republik Islam Iran dan Rusia telah menjadi ujung tombak upaya bersama untuk melawan unilateralisme dan kebijakan penindasan di AS dan pemerintahan (Presiden AS Donald) Trump di kawasan itu,” jelas
Hatami dalam pertemuan dengan timpalannya dari Rusia, Sergei Shoygu di Moskow pada Minggu, dikutip dari Press TV, Senin (24/8).

Hatami memuji “sikap konstruktif dan positif” Rusia sehubungan dengan perkembangan dalam beberapa bulan terakhir, terutama penentangan Moskow terhadap resolusi anti-Iran baru-baru ini yang dirancang oleh Washington, yang bertujuan untuk memulihkan sanksi PBB terhadap Iran dan dengan suara bulat ditolak oleh Dewan Keamanan PBB.

“Reaksi realistis yang ditunjukkan di Dewan Keamanan PBB dan penentangannya terhadap resolusi anti-Iran baru-baru ini tentang perpanjangan embargo senjata terhadap Republik Islam sekali lagi menyebabkan kekalahan besar lainnya bagi AS dan sekutu regionalnya, dan juga membuktikan dunia oposisi terhadap kebijakan yang bermusuhan dan salah,” jelasnya.

Dewan Keamanan PBB pada 14 Agustus dengan suara bulat menolak resolusi AS untuk memperpanjang embargo senjata terhadap Iran yang akan berakhir pada Oktober sejalan dengan kesepakatan nuklir penting, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

Resolusi tersebut membutuhkan dukungan sembilan dari 15 suara untuk lolos. Sebelas anggota abstain, termasuk Prancis, Jerman dan Inggris, sedangkan AS dan Republik Dominika adalah satu-satunya suara yang setuju.

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan pada Senin, pertemuan Dewan Keamanan PBB baru-baru ini yang menyebabkan kegagalan besar-besaran di AS menandai pencapaian politik yang luar biasa dan kemenangan bersejarah bagi bangsa Iran.

“Tidak ada preseden dalam sejarah Dewan Keamanan ketika 14 negara menentang (pandangan AS),” kata Rouhani.

Hatami menyatakan keyakinannya bahwa strategi bersama yang diadopsi oleh Teheran dan Moskow untuk menyelesaikan masalah regional, terlepas dari kebijakan sepihak AS, akan mendorong perdamaian, stabilitas dan keamanan di kawasan itu.

Sekutu AS yang paling terkemuka di Barat menolak untuk mengambil langkah mendorong kembali sanksi PBB terhadap Iran.

Inggris, Prancis, dan Jerman, semua negara yang menandatangani JCPOA, mengatakan AS tidak memiliki hak hukum untuk mendorong pemberlakukan kembali sanksi karena menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran pada 2018.

Rusia dan China, dua negara peserta JCPOA lainnya, juga sangat menentang permintaan AS tersebut.

Pejabat tinggi keamanan Iran mengatakan pada Jumat, upaya AS untuk mengembalikan sanksi PBB terhadap Teheran tidak lain adalah taktik propaganda untuk menyelamatkan Presiden AS Trump menjelang pemilihan presiden pada November.

“AS tahu, mereka tidak dapat memberlakukan kembali sanksi PBB atau embargo senjata PBB pada #Iran,” kata Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran (SNSC) Ali Shamkhani di Twitter.(yaya)