Jaksa Agung Sebut Gedung yang Terbakar Gedung Tua yang Tidak Boleh Direnovasi

fokusmedan : Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin mengatakan, gedung yang terbakar tersebut merupakan gedung tua. Gedung utama Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan terbakar sekitar pukul 19.10 WIB.

“Tidak ada (renovasi), ini gedung tua. Ini heritage. Ini cagar budaya, maka kami tidak bisa diapa-apakan,” kata Burhanuddin di lokasi kejadian, Jakarta, Sabtu (22/8).

Sementara itu, menanggapi pernyataan Burhanuddin, Kepala Dinas PKP DKI Jakarta Satriadi Gunawan menyebut, dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran itu karena gedungnya yang sudah tua.

“(Gedung tua apa jadi penyebabnya) Iya, kalau risiko kebakarannya ya memang seperti itu. Tapi segera kita akan padamkan,” sebut Satriadi.

Penyebab Api Sulit Dipadamkan

Satriadi menjelaskan, api nyaris menghanguskan seluruh ruangan di Gedung Utama. Dia menjelaskan penyebab sulitnya pemadaman karena api terus merambat.

“Iya (kendala) memang ini ada perambatan. Tadi kita saksikan ada sekitar tujuh lantai. Ini sebelah selatan memang sudah terjadi, sudah terdampak kebakaran tinggal kita melokalisir jangan sampai terjadi perambatan sampai ke utara gedung ini,” kata dia di lokasi, Sabtu (22/8/2020).

Satriadi menuturkan, jumlah mobil pemadam yang dikerahkan ke lokasi mencapai 38 unit dengan jumlah personel sekitar 200 orang. Satriadi memastikan hingga saat ini pasokan air yang digunakan untuk menjinakkan si jago merah terbilang aman.

“Sumber air alhamdulillah kita sudah dapatkan dan ada beberapa titik air seperti di kolam renang Bulungan dan ada beberapa kali dekat sini,” ucap dia.

Tahanan Dievakuasi

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebut tahanan Kejaksaan Agung (Kejagung) sudah mulai dievakuasi.

“Untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan para tahanan di kejaksaan agung juga sudah mulai dipindahkan sejak sekitar jam 21.00 tadi,” ujar Mahfud di akun twitternya, Sabtu (22/8/2020).

Menurut dia, gedung para tahanan jauh dari lokasi yang terbakar. Mahfud memastikan pengamanan di sekitar gedung Kejagung yang terbakar sudah diperketat.

“Gedung tahanan untuk para tersangka yang ditahan di kejaksaan gung juga ada di bagian lain yang tidak terjangkau oleh api. Gedung tahanan ada di belakang gedung yang agak jauh dari kobaran api,” jelas dia.(yaya)