Erick Thohir dan Menlu Retno Bertemu Pemerintah China Bahas Vaksin Covid-19

fokusmedan : Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan pemerintah China. Pertemuan itu salah satunya untuk membahas soal vaksin Covid-19.

“Saat ini Ketua Pelaksana Komite Bapak Menteri BUMN Erick Thohir bersama Ibu Menteri Luar Negeri sedang melakukan pertemuan dengan pemerintah China untuk membahas hubungan bilateral dalam penguatan penanganan Covid-19,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (20/8).

“Salah satunya pembicaraan tentang vaksin,” sambungnya.

Selain itu, Wiku mengatakan pertemuan itu juga membahas penguatan kerja sama bilateral kedua negara. Dia meyakini upaya pencarian vaksin penangkal Covid-19 disertai dengan perubahan perjlaku masyarakat akan meningkatkan ketahanan kesehatan masyarakat.

“Melihat dari perkembangan yang ada sampai dengan saat ini di berbagai daerah di Indonesia, kita punya peluang untuk memperkuat ketahanan kesehatan masyarakat yang ada di Indonesia,” jelas Wiku.

Seperti diketahui, pemerintah saat ini tengah berupaya menemukan vaksin virus corona (Covid-19). Ada dua calon vaksin yang tengah dikembangkan oleh pemerintah sebelum diproduksi secara besar-besaran.

Salah satunya, yakni vaksin yang diuji klinis oleh PT Bio Farma dengan perusahaan asal China, Sinovac. Vaksin tersebut kini sudah memasuki tahap uji klinis fase III.

Uji klinis tahap III ini merupakan tahapan yang perlu dilalui semua produk farmasi termasuk obat-obatan dan vaksin sebelum diproduksi secara massal. Jika nantinya dalam tahap ini tidak ada efek samping, maka produksi massal di dalam negeri akan dilakukan PT Bio Farma.(yaya)