19/05/2024 9:35
NASIONAL

Tiba di Indonesia, 650 WNI Repatriasi Langsung di Karantina di Empat Tempat

fokusmedan : Sebanyak 650 warga Negara Pekerja Migran Indonesia (PMI) tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (14/5). Setelah, menjalani pemeriksaan ketat di Terminal 3, mereka langsung dibawa ke pusat karantina kesehatan untuk menjalani pemeriksaan lanjutan sesuai protokol kesehatan mencegah Covid-19.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kota Bandara Soetta, Kompol Argadija Putra, menerangkan ratusan pekerja migran itu dibawa menuju tempat karantina menggunakan bus khusus yang telah disiapkan oleh Gugus Tugas Udara Covid-19 dengan pengawalan ketat kepolisian.

“Bus yang mengangkut mereka kita kawal ketat sampai ke tempat karantina yang telah ditentukan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan lanjutan,” jelas Kasat Lantas Polresta Bandara Soetta, Kompol Argadija, Kamis (14/5).

Diterangkan dia, kedatangan ratusan PMI dari berbagai negara datang secara bertahap. Sampai pukul 17.30 WIB tadi, tercatat sudah 650 PMI tiba di Bandara Soetta.

“Mereka tiba bertahap, dari berbagai negara. Hingga pukul 17.30 WIB, kurang lebih sebanyak 650 PMI dan telah dibawa ke empat lokasi karantina di Jakarta dan Jawa Barat. Antara lain, Asrama Haji Pondok Gede, Asrama Haji Bekasi, Wisma Atlet Kemayoran dan Balai Kesehatan Cilandak,” terang dia.

Selanjutnya, berdasarkan protokol kesehatan, ratusan WNI itu kemudian menjalani serangkaian pemeriksaan seperti test Swab atau PCR.

Untuk pengawalan bus yang mengangkut WNI repatriasi tersebut, Polresta Bandara Soetta menerjunkan belasan personel Polisi Lalu Lintas.

“Personel yang diterjunkan untuk pengawalan sebanyak 15 personel per hari, baik yang melakukan pengawalan dengan mobil patwal maupun sepeda motor lalu lintas,” terangnya.(yaya)