18/05/2024 9:43
NASIONAL

Jokowi: Hati-hati Mengenai Pelonggaran PSBB

fokusmedan : Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan rapat mengevaluasi pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka memutus penyebaran Covid-19. Jokowi mengingatkan wacana pelonggaran kebijakan PSBB tidak dilakukan tergesa-gesa dan benar-benar dipertimbangkan secara baik.

“Mengenai pelonggaran untuk PSBB agar dilakukan secara hati-hati dan tidak tergesa-gesa,” ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas mengenai evaluasi PSBB melalui video conference, Selasa (12/5).

Menurut Jokowi, keputusan pelonggaran PSBB harus dikaji secara mendalam berdasarkan data-data di lapangan. Hal ini juga untuk menghindari munculnya gelombang kedua Covid-19.

“Semuanya didasarkan data-data lapangan, pelaksanaan lapangan, sehingga keputusan itu betul-betul sebuah keputusan yang benar,” jelasnya.

“Hati-hati mengenai pelonggaran PSBB,” sambung Jokowi.

Sebelumnya, rencana relaksasi PSBB disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud Md. Dia menyebut pemerintah mempertimbangkan pelonggaran PSBB demi menjaga perekonomian masyarakat.

Menteri Agama Fachrul Razi pun membuka wacana pelonggaran terhadap tempat ibadah selama PSBB Covid-19. Hal ini masih tahap pembicaraan di internal Kemenag.

“Terkait ada relaksasi di rumah ibadah, tapi kami belum ajukan, tapi kami sudah punya ide itu. Dan sempat saya bicarakan dengan Dirjen,” kata Fachrul saat rapat virtual dengan DPR, Senin (11/5).(yaya)