15/04/2024 15:21
NASIONAL

Tidak Perlu ke Rumah Sakit, Pasien Sejumlah Daerah Bisa Berobat secara Online

fokusmedan : Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan pemerintah kepada sejumlah daerah untuk mencegah penyebaran corona. Untuk memudahkan masyarakat atau pasien dalam berobat, Siloam Hospitals memberikan pelayanan rawat jalan yang dapat diakses secara online, sehingga pasien tetap dapat mengakses pelayanan kesehatan dari luar rumah sakit.

Saat ini layanan rawat jalan online tersedia di Tangerang, Medan, Balikpapan, Denpasar, Surabaya, Palembang, Makasar, Jakarta.

“Kesinambungan penting sekali di dalam penanganan penyakit kronis. Jangan sampai pengobatan pasien terputus karena PSBB. Banyak penyakit, terutama penyakit kronis seperti diabetes, jantung dan hipertensi yang akan menjadi masalah lebih besar jika tidak dimonitor dan diobati secara rutin. Oleh karena itu, Siloam Hospitals memakai teknologi agar pasien tetap dapat berobat meskipun tidak datang ke rumah sakit. Dengan jaringan Siloam Hospitals yang luas, layanan ini juga memungkinkan dilakukannya konsultasi online antarwilayah atau kota,” ujar Wakil Direktur Utama Siloam Hospitals Caroline Riady kepada wartawan, Senin (4/5).

Melalui layanan online ini, rumah sakit memberikan kemudahan layanan konsultasi virtual dengan dokter umum maupun spesialis. Pasien dapat melakukan video call dengan dokter yang sudah biasa menangani pasien dan tahu riwayat penyakit pasien. Hasil konsultasi online pun akan dicatat direkam medis rumah sakit pasien.

“Pelayanan rawat jalan online kami juga termasuk pelayanan ke rumah yang tidak mungkin dilakukan secara virtual. Contohnya vaksinasi, perawatan luka, serta fisioterapi bagi pasien pasca-stroke,” jelas Direktur Pelayanan Medis Siloam Hospitals Grace Frelita.

Untuk menggunakan layanan ini, pasien dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi Aido Health yang tersedia di Google Play Store dan Apple Store.

Setelah memilih rumah sakit, jadwal konsultasi yang tersedia, dan melakukan pembayaran, pasien dapat memeriksa kotak masuk di email untuk mendapatkan tautan meeting dan sandi yang akan digunakan untuk video call. Pada hari dan jam konsultasi yang sudah dijadwalkan, pasien dapat mengakses tautan meeting yang diberikan untuk memulai konsultasi dengan dokter selama kurang lebih 20 menit.

Jika ada obat yang perlu diresepkan untuk pasien, dokter akan memasukkan resep tersebut dengan menggunakan e-prescription yang terhubung dengan rumah sakit. Selanjutnya, tim farmasi rumah sakit akan menghubungi pasien untuk konfirmasi pengiriman obat setelah pasien melakukan pembelian.(yaya)