01/12/2023 9:39
NASIONAL

Kasus Virus Corona Pertama di Indonesia, Pemerintah Perketat Pintu Masuk Negara

fokusmedan : Pemerintah mengumumkan kasus pertama Virus Corona atau COVID-19 di Indonesia. Dua WNI dinyatakan positif terjangkit Virus yang berasal dari Wuhan, China. Dengan adanya kasus Corona pertama di tanah air, pemerintah makin memperketat pengawasan.

“Sebetulnya sudah dibatasi sementara ini, akan kita evaluasi cross border untuk pengawasan yang lebih ketat, tempat-tempat penyeberangan dari luar negeri termasuk alat-alat deteksinya,” kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Menko PMK) Muhadjir Effendy di Kantor Staf Presiden usai mengikuti rapat, Jakarta¬†Pusat, Senin (5/3).

Selain itu, Pemerintah akan lebih teliti menelusuri warga negara asing yang masuk ke Indonesia. Termasuk rekam perjalanan mereka.

“Salah satu upaya kita perhitungan kemungkinan terjadinya proses intervensi, masuknya penyakit itu di Indonesia. Tapi kan banyak kemungkinan, kita petakan lagi secara detail, gimana cara penyelesaiannya,” kata Muhadjir.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan, kasus pertama virus Corono di Tanah Air tak semuanya dipandang negatif. Menurutnya, ada hal positif. Kasus ini akan menjadi pembuktian bahwa Indonesia memiliki sumber daya manusia (SDM) dan alat kesehatan yang mampu mendeteksi virus Corona.

Menurut Terawan, setidaknya dengan terdeteksinya virus Corona di Tanah Air bisa dijadikan bahan riset untuk mencari obat penawarnya.

“Kedua, saya berarti punya bahan untuk riset selanjutnya. Karena dengan adanya virus ini, virusnya bisa kita periksa. Apakah nanti arahnya untuk jadi vaksin atau untuk jadi apa pun, itu akan kita terus riset,” kata Terawan.(yaya)