20/04/2024 0:09
Uncategorized

3 Fakta Seru Seputar Tahun Baru Imlek 2571

fokusmedan : Zodiak China mengenal 12 hewan yang mewakili setiap tahun, yaitu tikus, sapi, naga, ular, kuda, harimau, kelinci, domba, ayam, monyet, anjing, dan babi. Nah, hari ini (25/1/2020) merupakan hari pertama di tahun tikus, lebih tepatnya tikus logam.

Ada beberapa fakta menarik mengenai tahun tikus dan tahun baru Imlek 2571 ini. Berikut beberapa di antaranya.

1.Jadi Hewan Pertama di Siklus Zodiak China Karena Menang Lomba

Berdasarkan legenda Cina yang terkenal, Kaisar Giok mengundang seluruh kerajaan binatang untuk berpartisipasi dalam perlombaan yang diikuti oleh 12 hewan tersebut. Pemenangnya dari lomba tersebut akan dipilih sebagai hewan kalender zodiak. Hasilnya, tikuslah yang memenangkan perlombaan tersebut.

Teori lain menyebutkan mitologi yang menceritakan peran tikus dalam kelahiran alam semesta. Dulunya alam semesta merupakan kegelapan murni pada awalnya dan berbentuk telur. Tikus diduga menggigit celah dalam alam semesta untuk melepasnya di udara. Hal tersebut mengakibatkan pemisahan langit dan bumi yang kemudian menjadi permulaan dunia.

2. Dekade Baru, Permulaan Siklus

Tahun 2020 bukan hanya memasuki dekade baru, tetapi memulai kembali siklus zodiak. Tahun tikus terakhir kali muncul setelah 12 tahun lalu pada tahun 2008 di kalender Cina.

3. Dianggap Hewan Pembawa Kemakmuran

Menurut kepercayaan umat Tionghoa, seseorang yang lahir pada Tahun Tikus dianggap sebagai tanda kekayaan. Karena tingkat reproduksinya yang tinggi, budaya Tiongkok kuno meyakini tikus adalah simbol keberuntungan dan kesuburan.

Demikian fakta-fakta seru seputar tahun tikus api. Selamat Tahun Baru Imlek 2571! Semoga keberkahan dan kesejahteraan selalu menaungi kita di tahun ini.(yaya)