20/04/2024 14:57
SUMUT

BMKG Peringatkan Mayoritas Daerah Tujuan Wisata di Sumut Berpotensi Hujan

Ilustrasi cuaca ekstrem. Netty

Fokusmedan.com : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balai Besar Wilayah I- Medan memberi peringatan sebagian besar daerah tujuan wisata di Sumut berpotensi dilanda hujan pada akhir pekan ini.

Masa libur lebaran akan berakhir pada pekan ini sehingga mobilitas wisatawan diperkirakan akan meningkat.

Hujan diperkirakan akan turun pada Jumat dan Sabtu 6-7 Mei di Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Berastagi di Karo dan wilayah di sekitarnya adalah salah satu tujuan wisata populer di Sumut.

Hujan juga diperkirakan akan  turun di Pangururan, ibukota Kabupaten Samosir. Dengan menawarkan keindahan Danau Toba, tempat ini salah satu pilihan utama untuk menikmati keindahan danau ini.

Kota Stabat, ibukota Kabupaten Langkat juga diperkirakan hujan. Langkat, yang wilayahnya masuk dalam kawasan Gunung Leuser ramai didatangi wisatawan  yang ingin menikmati wisata alam pegunungan, sungai, hutan beserta flora faunanya.

Kota kecil Sibolga, yang terkenal dengan pantainya melengkapi daftar tujuan wisata di Sumut yang berpotensi dilanda hujan akhir pekan ini.

Karenanya, BMKG memberi peringatan. “Waspada hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Pantai Barat, pegunungan, dan lereng timur Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan banjir, longsor dan angin kencang,” kata Irene Purba, prakirawan BMKG Wilayah I – Medan.

Sementara sejumlah kota penting lainnya diperkirakan cukup cerah atau berawan.

Kota Medan, ibukota Sumut diperkirakan berawan. Begitu juga kota Siantar.

Rantauprapat dan wilayah sekitarnya,  juga Padangsidempuan diperkirakan juga berawan.

 

(Rio)