20/04/2024 10:37
INSPIRASI

Sompo Medan : Wartawan Berperan Pulihkan Ekonomi Daerah


Kegiatan HPN 2021 di Rumah Dinas Gubernur Sumut. Biro Komunikasi Pemprov Sumut

Fokusmedan.com : Jurnalisme positif mampu menjadi katalis kebangkitan ekonomi baik di tingkat nasional maupun daerah. Hal inilah yang menjadi salah satu poin pembahasan penting antara PT Sompo Insurance Indonesia (Asuransi Sompo) dengan segenap insan wartawan di seluruh tanah air, khususnya di Kota Medan, Sumatra Utara (Sumut) yang memiliki sejarah panjang perkembangan jurnalisme di Indonesia.

Selama periode tahun 1880 hingga 1942, Sumut memiliki 147 surat kabar dan jumlah tersebut dapat dikatakan sangat luar biasa, bahkan jika dibandingkan masa sekarang. Asuransi Sompo pun memiliki harapan yang besar khususnya dalam memaksimalkan peran wartawan demi memajukan industri perasuransian, khususnya di Sumut.

Head of Corporate Communications PT Sompo Insurance Indonesia, Intan Wibisono mengatakan, wartawan dianggap sebagai
salah satu mitra penting khususnya bagi Asuransi Sompo Kantor Cabang Medan.

“Kami yakin, lewat sinergi yang positif kita bersama-sama akan mampu menjawab tantangan ekonomi di masa pandemi ini,” katanya melalui siaran tertulis, Jumat (19/2/2021).

Dalam semangat Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Asuransi Sompo Kantor Cabang Medan dengan tulus mengapresiasi dedikasi para wartawan yang telah mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan khususnya di sektor industri perasuransian. Hal ini tercermin dari publikasi yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menunjukkan indeks Sumut untuk literasi keuangan sebesar 44,36% dan inklusi keuangan sebesar 86,09%, lebih tinggi dari rata-rata nasional yang berkisar 38,03% untuk indeks literasi keuangan dan 76,19% untuk indeks inklusi keuangan.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi melalui rilis di laman resmi Pemprov Sumut dalam rangka HPN Tahun 2021, yang membahas tema ‘PertarunganMedia Massa Konvensional di Era Digital’, mengatakan, keberadaan wartawan sangat dibutuhkan. Karena sebagaimana fungsinya, pers sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial, dibutuhkan masyarakat dalam membangun kehidupan.

“SDM untuk menjadi wartawan harus benar-benar orang terpilih, karena dalam bermedia kita butuh kepercayaan, kita butuh menerima informasi dan memberikan informasi untuk
membangun kehidupan, kita perlu komunikasi dua arah, sehingga wartawan dan media benar-benar dibutuhkan untuk kemajuan, tanpa media bangsa kita tak akan pernah maju,” ujar Edy Rahmayadi.

Asuransi Sompo Kantor Cabang Medan sependapat dengan pernyataan Gubernur Sumut, dan menyadari peran sentral dari wartawan dalam memastikan distribusi informasi yang akurat dan mempromosikan
pendekatan peliputan yang berimbang dalam menyusun pemberitaan. Hal ini bisa dilakukan melalui kanal media arus utama maupun kanal media sosial.

Dalam kesempatan yang sama, Asuransi Sompo Kantor Cabang Medan menggelorakan
semangat yang sama khususnya dalam momentum HPN 2021 dengan mengangkat semangat kolaborasi segenap pemangku kepentingan untuk bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19.

“Kami akan menjadikan wartawan sebagai akselerator. Literasi dan inklusi keuangan menjadi salah satu parameter strategis dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional dan daerah,” kata Intan. (ng)