Megawati Usul ke Nadiem agar Buku Bung Karno Masuk Kurikulum Pendidikan

fokusmedan : Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno PutriĀ mengusulkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memasukkan buku-buku Soekarno ke kurikulum pendidikan Indonesia. Dia menilai, sang ayah rajin membaca buku dan hasil bacaanya dituang dalam buku-buku yang ia tulis.

“Alangkah sayangnya maksud saya, dari pikiran-pikiran yang telah diserap oleh seorang Bung Karno, yang seharusnya kalau menurut saya Pak Nadiem, itu harus jadi salah satu kurikulum,” kata Megawati dalam acara Bung Karno&Buku-Bukunya, Selasa (24/11).

Presiden ke-5 RI ini mengungkapkan, saat itu ada sistem yang ia sebut sebagai politik desukarnoisasi. Pemikiran-pemikiran Bung Karno sempat dilupakan. Hal tersebut terjadi di era Presiden Soeharto.

“Saya suka mikir, sebenarnya kenapa ya kalau sebagai sebuah pengetahuan tidak boleh? Itu bagian dari politik desukarnoisasi yang tidak ada orang berani ngomong pada waktu itu,” ujarnya.

“Kok ada ya sebuah pembentukan sistem yang sampai membuat, mohon maaf, seperti memandulkan kalangan intelektual kita loh, sampai enggak berani, sampai buku disembunyi-sembunyikan,” ungkap Megawati.

Namun, lanjut dia, saat ini kondisi sudah berbeda. Menurutnya, orang-orang banyak mencari tahu tentang Soekarno. Maka dari itu, dia mengusulkan agar pemikiran Bung Karno masuk dalan kurikulum.

“Kita mau nyontoh apa tidak? itu persoalannya, persoalan besarnya, the big question and the big answer-nya itu Pak Nadiem,” tandas Megawati.(yaya)