Kenali Tipe Berkendara Aman Ala Honda

fokusmedan : Berkendara ternyata bukan hanya sebatas pergi dari rumah menuju lokasi tertentu, kemudian pulang lagi ke rumah. Namun lebih dari itu, berkendara merupakan sebuah hobi menyenangkan yang sebenarnya juga harus berasal dari hati. Bahkan berkendara juga bisa menghasilkan kebahagiaan, walau yang terutama berbahagialah saat berkendara dengan menikmati sensasi yang dihadirkan.

Namun, di masa pandemi seperti saat ini, pengting bagi pengendara khususnya motor untuk mengetahui jenis-jenis tipe riding yang ada saat ini. Karena hal tersebut dapat dijadikan bekal untuk mengaplikasikan cara berkendara yang benar sesuai dengan tipenya.

Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan bahwa ada beberapa tipe berkendara yang perlu diketahui, yaitu Commuter, Touring dan Offroad. Tidak hanya itu, menurutnya penting juga untuk mengetahui persiapan apa yang harus dilakukan sebelum berkendara dari masing-masing tipe tersebut.

Tipe Commuter

Tipe berkendara ini dilakukan terus menerus. Seperti halnya berangkat pada jam yang sama dengan banyak orang dan setiap hari. Karenanya pada tipe ini, harus memastikan untuk menggunakan masker, dan menjaga jarak dengan pengendara lain. Selain itu disarankan untuk memiliki jalur alternatif saat berkendara di jam kerja, sehingga bisa terhindar dari banyak orang dan bisa menjaga jarak.

Tipe Touring

Bagi pengendara yang hendak berkendara jarak jauh atau touring pada masa pandemi, disarankan meluangkan waktu istirahat yang lebih banyak dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, karena perjalanan jauh tentunya menguras tenaga yang banyak. Selain itu pilihlah rute yang tepat dan tentukan tujuan, karena zonasi di beberapa wilayah tentunya berbeda-beda, hingga harus memilih yang paling aman. Untuk touring sendiri, saat ini pecinta Honda tidak hanya dapat memanfaatkan type sport namun Honda PCX dikabarkan sangat nyaman untuk kegiatan touring

Bagi yang melakukan touring berkelompok, hal yang paling penting adalah perlu ada kesepakatan atau kejujuran pada teman-teman yang melakukan touring. Jika memang tidak sehat, lebih baik jujur dan tidak perlu ikut touring

Tipe Offroad 

Di kebutuhan offroad ini Honda punya salah satu type Favorit Honda CRF 150, untuk pengendara offroad, disarankan harus melihat zonasi yang akan dipilih, apakah lokasi yang akan menjadi medan offroad sudah aman dari covid-19 atau tidak. Tetap mematuhi protokol kesehatan juga menjadi hal penting yang harus dilakukan selama menyalurkan hobby adventure tersebut.

“ Memiliki hobi apapun pastinya sah-sah saja, seperti halnya hobi berkendara dengan motor yang dilakukan seorang diri maupun berkelompok. Paling terutama, jadikan berkendara #Cari_Aman sebagai acuan dalam setiap tipe berkendara. Sehingga hal-hal berharga dan impian merasakan pengalaman menyenangkan akan berada digenggaman, “ ujar Gunarko.(ril)