19/04/2024 12:21
FOKUS MEDAN

Fasilitas Umum Rusak Saat Demo, Pemko Medan Rugi Ratusan Juta

Fasilitas umum rusak dampak demo. Ist

fokusmedan : Pemko Medan mengalami kerugian ratusan juta rupiah akibat rusaknya fasilitas umum dampak demo unjukrasa yang berlangsung di Medan pada, Kamis (8/10/2020) kemarin.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan saat ini masih mencatat berbagai kerusakan fasilitas umum yang terjadi pascaunjuk rasa yang berakhir ricuh tersebut. Dari hasil pengecekan sementara, sejumlah fasilitas umum seperti sarana olahraga di Lapangan Merdeka, Kota Medan hilang pasca demonstrasi.

Selain itu, enam titik pintu pagar di Lapangan Merdeka Kota Medan di depan Stasiun Kereta Api dan Jalan Balai Kota Medan hilang. Sejumlah pot-pot bunga, tong sampah, serta lampu-lampu jalan di Kota Medan dirusak massa.

“Berdasarkan hasil perhitungan, kerugian Pemko Medan mencapai seratusan juta,”ucap Plt Kabid Sarana Pra Sarana Dinas Kebersihan dan Pertamanan Medanm Ikhwanza Syahputra, Kamis (15/10/2020).

Ikhwanza mengatakan sejumlah fasilitas yang rusak saat ini sudah diperbaiki oleh Pemko Medan. Sementara itu, sejumlah kerusakan lainnya masih menunggu penganggaran APBD Kota Medan di tahun 2021.

“Kondisi ini mengingat kondisi kas keuangan Pemko Medan kosong akibat Covid-19,” ucapnya.

Ikhawanza berharap kedepannya setiap warga baik mahasiswa dan elemen lainnya saat berunjuk rasa untuk menyampaikan secara santun tanpa merusak fasilitas Kota Medan.

(Rio)