5 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mengatasinya

fokusmedan : Kolesterol merupakan zat lemak yang terdapat di dalam sel tubuh. Kadar kolesterol yang seimbang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Namun, apabila jumlah kolesterol terlalu tinggi, maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit kronis seperti terkena penyakit jantung hingga stroke.

Dilansir dari Healthline, kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, seperti memproduksi sejumlah hormon dan menghasilkan vitamin D. Meskipun dibutuhkan oleh tubuh, kolesterol dengan kadar tinggi dapat menimbulkan penyakit yang membahayakan. Oleh karena itu, mengontrol kadar kolesterol diperlukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Secara umum, penyebab kolesterol tinggi ialah karena pola hidup tidak sehat. Beragam kebiasaan buruk dapat menyebabkan kolesterol naik dan memicu datangnya berbagai penyakit. Lantas, apa saja penyebab kolesterol tinggi? Simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang berlebihan dapat memicu datangnya beragam penyakit seperti stroke, jantung, hingga obesitas. Kondisi ini biasanya disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Berikut ini beberapa penyebab kolesterol tinggi yang paling umum terjadi.

1. Kebiasaan Merokok

Salah satu yang menyebabkan kolesterol tinggi ialah kebiasaan merokok. Hal ini karena di dalam rokok mengandung zat kimia berupa akrolein. Zat kimia ini dapat menghentikan aktivitas HDL untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang. Sehingga menyebabkan terjadinya penyempitan arteri dan meningkatkan kadar kolesterol.

2. Mengonsumsi Alkohol

Banyak penderita kolesterol tinggi akibat mengonsumsi alkohol yang berlebihan. Seseorang yang sering mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah. Sehingga dapat memicu terjadinya kolesterol tinggi.

3. Pola Makan Tidak Sehat

Penyebab kolesterol tinggi berikutnya karena pola makan yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat seperti mentega, keju, santan, dan kuning telur yang berlebihan dapat memicu terjadinya kolesterol tinggi. Sehingga untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh sebaiknya makanan tersebut dihindari.

4. Obesitas

Seseorang yang menderita obesitas rentan mengalami kondisi dengan kolesterol tinggi. Hal ini dipicu karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Seseorang dapat dikatakan menderita obesitas apabila memiliki indeks masa tubuh di atas 30 (kg/m).

5. Hipertensi

Seseorang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi juga sering dikaitkan dengan kolesterol tinggi. Akibatnya, hal ini dapat memicu timbulnya penyakit lain, seperti jantung dan stroke. Sehingga apabila Anda memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya segera diatasi.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Salah satu cara mengontrol kolesterol yang cukup efektif ialah menjalankan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Lantas, bagaimana cara mengontrol kolesterol secara alami? Simak beberapa makanan yang dipercaya efektif mengontrol kolesterol berikut ini.

1. Mengonsumsi Buah Sirsak

Cara mengontrol kolesterol yang pertama dengan mengonsumsi buah sirsak. Rasanya yang manis dan asam menjadikan buah ini cukup digemari sebagian masyarakat. Selain itu, sirsak juga memiliki beberapa kandungan yang berfungsi efektif mengontrol kolesterol.

Dilansir dari Medical News Today, kandungan vitamin C, kalsium, hingga karbohidrat pada sirsak dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, buah sirsak juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menghilangkan rasa sakit dan mencegah radikal bebas.

2. Buah Naga

Buah naga merupakan jenis buah yang memiliki akar, duri, serta batang. Buah yang memiliki warna merah pekat ini menjadi salah satu jenis buah yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis serta memiliki bentuk yang unik, menjadi ciri khas dari buah yang berasal dari Meksiko ini.

Selain rasanya yang manis serta bentuknya yang unik, ternyata buah naga juga memiliki kandungan yang berfungsi efektif mengontrol kolesterol. Mengonsumsi buah ini secara rutin dan teratur berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

3. Buah Delima

Buah naga merupakan jenis buah yang memiliki akar, duri, serta batang. Buah yang memiliki warna merah pekat ini menjadi salah satu jenis buah yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis serta memiliki bentuk yang unik, menjadi ciri khas dari buah yang berasal dari Meksiko ini.

Selain rasanya yang manis serta bentuknya yang unik, ternyata buah naga juga memiliki kandungan yang berfungsi efektif mengontrol kolesterol. Mengonsumsi buah ini secara rutin dan teratur berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.(yaya)