Google dan Apple Kerjasama Kembangkan Teknologi Untuk Perangi Covid-19

fokusmedan : Di tengah pandemi Covid-19, banyak hal bisa terjadi. Salah satunya adalah dua kompetitor yang justru saling bekerjasama demi menciptakan teknologi yang berguna bagi umat manusia.

Melansir Phone Arena, Google dan Apple baru saja mengumumkan bahwa keduanya menggunakan teknologi bernama Bluetooth Low Energy atau BLE, untuk mereduksi persebaran virus corona.

Dimulai bulan depan, dua raksasa teknologi dunia ini akan merilis API untuk iOS dan Android untuk menjalankan aplikasi dari otoritas kesehatan publik terkait. Aplikasi ini bisa diunduh di App Store dan Google Play.

Dalam kerjasama lanjutannya nanti, keduanya akan mengembangkan platform Bluetooth, yang tujuannya adalah membuat lebih banyak orang untuk ikut berpartisipasi menggunakan platform tersebut di smartphone mereka.

Cara kerjanya, ketika seseorang memilih ikutserta, ia diwajibkan untuk mengungkap apakah ia terjangkit Covid-19 atau tidak. Jika iya, aplikasi memperingatkan orang yang ada di sekitarnya bahwa mereka berada di dekat seseorang yang dites positif virus.

Proses ini disebut “contact tracking” atau pelacakan kontak. Teknologi ini tidak menggunakan pelacakan lokasi, namun melacak sinyal dari smartphone terdekat tiap lima menit, dan menyimpan koneksinya dalam database.

Jika dalam beberapa hari kemudian salah satu pihak teruji positif Covid-19, pengguna bisa memberi tahu aplikasi, dan aplikasi bisa memberi tahu semua orang yang tersimpan di database yang pernah kontak atau berdekatan dengan si pasien positif.

Apple dan Google seniri dalam pernyataan bersamanya menyebut bahwa tidak pernah ada momen yang lebih penting untuk bekerja sama demi menyelesaikan salah satu masalah paling mendesak di dunia.

Lewat kerja sama yang erat dan kolaborasi dengan pengembang, pemerintah, dan penyedia kesehatan publik, keduanya berharap untuk memanfaatkan kekuatan teknologi untuk memperlambat persebaran Covid-19 dan memulihkan kehidupan secara normal.(yaya)