Honda Bagi Cara Mudah Merawat Motor saat #Dirumahaja

fokusmedan : Banyak cara dapat dilakukan masyarakat dalam melakukan perawatan pada motor ditengah himbauan pemerintah agar menjaga jarak sosial dengan selalu #dirumahaja. Karena kendati hanya bisa melalukan aktivitas rutin di rumah, namun urusan perawatan motor kebanggaan juga jangan sampai terlewatkan.

Seperti halnya sejumlah tips yang diberikan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumater a Utara (Sumut) terkait langkah-langah senderana perawatan motor yang bisa dilakukan pengguna Honda di rumah tanpa harus pergi ke bengkel.

Pertama, melakukan pencucian motor secara menyeluruh, seperti halnya membersihkan bagian bodi, , lingkar roda, mesin hingga bawah jok. Tidak hanya menghasilkan motor yang bersih dan enak dipandang, namun pengguna Honda juga dapat mengetahui beragam kemungkinan kerusakan pada motor, sebut saja bodi lecet hingga oli rembes , sehingga dapat segera diambil tindakan perawatan lainnya.

Perawatan kedua dapat dilanjutkan dengan pemeriksaaan bensin dan oli, dimana pengguna motor harus memastikan dua hal tersebut tetap tersedia di sepeda motor kita, sehingga ketika dalam keadaan darurat kendaraan siap digunakan untuk keperluan mendesak keluar rumah.

Katiga, hal penting lainnya yakni pemeriksaan rantai sepeda motor, dimana harus diupayakan menyetel rantai hingga tidak terlalu longgar ataupun sebaliknya. Pemberian pelumas disarankan pelumas khusus untuk merawat rantai.

Hindari oli bekas, dan jaga secara rutin kebersihan rantai sepeda motor. pemeriksaan ban seperti tekanan angin ban, dan juga menyingkirkan material- material kecil yang menempel di ban juga dapat seklaigus dilakukan.

Selanjutnya, perawatan keempat dapat dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan kondisi rem depan dan rem belakang dengan menaiki motor dalam kondisi engine off dan standar terangkat, serta mengaplikasikan rem depan dan belakang untuk menguji daya cergkram rem motor berfungsi dengan baik atau tidak.

Pemeriksaan kelima dapat dilakukan pada kondisi lampu-lampu yang ada di motor, seperti lampu utama ,lampu sein kanan kiri (depan dan belakang) dan juga lampu rem yang dapat dipastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Cara sederhana untuk memeriksa baterai apakah masih berfungsi baik juga dapat dilakukan dengan cara menekan tombol starter dan klakson, dimana suara klakson yang baik menandakan kerja baterai masih prima.

Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy mengungkapkan, #Dirumahaja tentunya tidak menjadi penghalang bagi masyarakat untuk melakukan perawatan pada motornya.

Menurutnya dengan selalu memeriksa dan menjaga kondisi motor, maka tidak hanya dapat menghemat biaya perawatan, namun juga dipastikan kendaraan akan selalu siap digunakan setiap kali dibutuhkan.(ril)