5 TKA asal Tiongkok di surveilans

fokusmedan : Lima Tenaga Kerja Asing (TKA)  asal Tiongkok yang bekerja di Kandibata, Kecamatan Kabanjahe disurveilans oleh Dinas Kesehatan Tanah Karo.

Kelima TKA ini diketahui baru saja kembali dari Tiongkok usai merayakan libur Imlek.

“Jadi bukan di isolasi. Tapi surveilans demam terhadap mereka apakah bila ada suhu naik atau gejala flu dengan pneumonia. Hal ini karena mereka baru kembali dari negara mereka Tiongkok,” sebut Kadinkes Karo, drg Irna Safrina kepada wartawan, Jumat (7/2).

Ia menjelaskan selama proses surveilans dilakukan, kelima TKA yang terdiri dari 4 laki-laki dan 1 perempuan ini sementara waktu tidak akan bekerja dan tinggal terpisah dengan rekan-rekannya yang lain. Proses ini sendiri merupakan kesadaran dari kelima TKA tersebut.

“Tiga dari mereka masuk ke Indonesia tanggal 31 Januari 2020 sementara dua lainnya tanggal 3 Januari atau sebelum keputusan pemerintah menutup akses dari dan menuju China,” ujarnya.

Saat tiba di lokasi tempat kerja mereka, lanjutnya, kondisi kelima TKA dalam keadaan sehat dan sudah melewati pemeriksaan kesehatan di tiga bandara.

“Hanya saja, mereka berada didalam kamar selama 14 hari kedepan atau sampai tanggal 16 Februai 2020 proses surveilans yang diterapkan oleh Dinkes Kabupaten Karo terhadap kelima TKA asal Tiongkok ini sudah sesuai dengan surat edaran menteri kesehatan,” tandasnya.(riz)