30/04/2024 10:41
NASIONAL

Jelang MotoGP Mandalika, Pemerintah Dorong NTB Kejar Target 70 Persen Vaksinasi


Fokus
medan.com
: Pemerintah pusat mendorong pemerintah daerah di Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mengejar target vaksinasi Covid-19 dosis lengkap hingga 70 persen. Dorongan ini sebagai bagian persiapan menghadapi perhelatan MotoGP Mandalika 2022 yang akan berlangsung pada Maret mendatang.

Saat ini, vaksinasi dosis lengkap di NTB baru mencapai 61 persen, sedangkan dosis pertama sudah 70 persen.

“Kita masih punya cukup waktu untuk melakukannya. Karenanya kolaborasi dengan banyak pihak melakukan vaksin keliling untuk meningkatkan vaksinasi,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Sabtu (22/1).

Siapkan Jaringan 5G

Selain mengejar target vaksinasi, pemerintah menyiapkan jaringan 4G dan 5G experience selama MotoGP berlangsung. Hal ini sebagai bagian dari dukungan sektor infrastruktur telekomunikasi untuk menyukseskan perhelatan olahraga tersebut. Bahkan, Kementerian Kominfo juga menambah bandwith serta menyiapkan show case 5G.

“Pasti saat ini 4G akan menjadi tulang punggung komunikasi, tetapi kita juga menyiapkan untuk 5G experience. Di samping Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo pun sudah siap untuk 5G experience,” jelasnya.

Menurut Johnny cakupan layanan baik 4G maupun 5G akan disediakan di beberapa lokasi strategis, seperti tempat berkumpulnya awak media, akomodasi, sekuriti, international airport, dan venue sirkuit MotoGP Mandalika.

“Di kawasan Mandalika kami siapkan dan kami akan jaga dengan baik. Juga disiapkan untuk Telkom milimeter wave untuk show case demo 5G spektrum tinggi 26 dan 28 GHz. Itupun kita siapkan untuk mereka menyiapkan 5G experience,” ujarnya.

Sementara penyelenggara telekomunikasi XL Axiata juga akan show case 5G dengan teknologi fixed wireles access dan immersive extended reality berupa virtual racing.

“Ada banyak nanti 5G yang ditempatkan di Mandalika untuk experience-nya memanfaatkan virtual reality itu bisa nanti disaksikan. Pada intinya kerja sama antara Kominfo dengan operator seluler maupun dengan operator fiber optic kita koordinasikan terus menerus,” ucapnya.

3 dari 3 halaman

110.000 Pengunjung

Untuk mengantisipasi kenaikan pengguna telekomunikasi, Kementerian Kominfo menyiapkan spektrum tambahan agar penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 berlangsung dengan baik. Laporan yang diterima Johnny, akan ada 110.000 pengunjung ke Mandalika sehingga traffic bandwidth akan tinggi.

“Kita harus menyiapkan bandwidth yang cukup agar speed upload dan download internetnya juga lancar,” kata dia.

Menurut Johnny, rata-rata penggunaan kapasitas internet paling rendah antara 2-3 Mbps kecepatan harus disiapkan. Saat ini, Kementerian Kominfo telah mengukur ketersediaan di wilayah Mandalika di atas 10 Mbps.(yaya)