27/04/2024 17:38
NASIONAL

Kelompok Kriminal Bersenjata Tembak 2 Warga Papua di Ilaga

fokusmedan : Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua melakukan aksi penembakan terhadap warga asli Papua. Penembakan dilakukan terhadap dua warga di Distrik Sinak menuju Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (20/11).

Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan, saat ini korban Amanus Murib dalam kondisi kritis, sementara Atanius Murib meninggal dunia.

“Keduanya dilarikan ke Puskesmas Ilaga oleh masyarakat sekitar tempat kejadian. Korban meninggal dunia dengan luka parah sempat ditangani oleh petugas Puskesmas, namun nyawanya tidak tertolong karena terlalu banyak mengeluarkan darah,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/11).

Dari informasi yang beredar dan analisa sementara, dia mengungkapkan, pelaku penembakan diduga KKB. Aksi brutal KKB ini bermotif intimidasi kepada masyarakat karena tidak mendapat dukungan dari warga setempat.

“Aksi KKB kepada warga asli Papua ini disinyalir sebagai upaya untuk memutarbalikkan fakta dengan menuduh apkam sbg pelakunya. Motif pemutarbalikan fakta & playing victim melalui media massa selalu menjadi trik dari kelompok pro KKB dan pendukungnya di dalam & luar negeri untuk menyudutkan pemerintah Indonesia,” tutup Suriastawa.(yaya)