18/07/2024 8:32
EKONOMI & BISNIS

Jelang Pidato Gubernur Bank Sentral AS Kedua, Rupiah dan IHSG Ditutup Naik Tipis

Ilustrasi kinerja IHSG. Ist

Fokusmedan.com : IHSG ditutup menguat tipis 0.24% di level 7.287,04. IHSG sempat mengalami kenaikan hingga diperdagangkan di level 7.313 pada sesi perdagangan kedua. Namun, jelang penutupan IHSG berbalik arah dan mengurangi penguatannya.

Dan tidak hanya IHSG, mayoritas bursa di Asia ditutup beragam dengan kinerja yang relatif tidak jauh berbeda dengan perdagangan sebelumnya (sideways).

Di sisi lain, data penjualan kendaraan sepeda motor pada Juni secara tahunan (YoY) mengalami kenaikan 3.5%.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, data tersebut setidaknya tidak menjadi kabar buruk bagi pasar keuangan di tanah air, setelah data penjualan sepeda motor pada bulan Mei mengalami kontraksi sebesar 4.5%. Dan agenda selanjutnya yang dinanti pelaku pasar adalah testimoni Gubernur Bank Sentral AS yang kedua.

“Dampak testimoni ke pasar keuangan di tanah air baru akan dirasakan pada perdagangan besok,” ujarnya, Rabu (10/7/2024).

Sementara itu, kinerja mata uang rupiah juga ditutup menguat tipis (10 poin) di level 16.235 per US Dolar. Selama sesi perdagangan hari ini, mata uang rupiah bergerak dalam rentang 16.325 hingga 16.375 per US di zona merah.

Pelaku pasar, tambahnya, lebih bersikap wait and see. Dengan berharap Bank Sentral AS memberikan gambaran kebijakan yang lebih jelas dalam testimoni berikutnya.

Testimoni tersebut akan mempengaruhi harga emas, yang pada perdagangan sore ini ditransaksikan menguat di level $2.372 per ons troynya, atau masih dikisaran 1.234 juta per gramnya. Emas menguat seiring dengan kian memburuknya tensi geopolitik di Eropa dan Timur Tengah. (ram)