18/07/2024 8:55
NASIONAL

Jaga Keamanan Udara IKN, TNI AU Bakal Pasang Radar Buatan Eropa

Fokusmedan.com : TNI Angkatan Udara (AU) tengah bersiap untuk menerima pembelian radar Thales buatan Prancis yang telah dipesan oleh Pemerintah. Radar mutakhir ini rencananya bakal ditempatkan di beberapa wilayah.

Radar buatan Prancis yang telah direncanakan sejak 2010 dan terealisasi pada 2019-2024, rencananya akan dipasangkan di Ibu Kota Negara (IKN).

“Penempatannya sudah kita rapatkan tentunya nanti tidak di IKN nya tapi sekitar IKN sehingga nanti bisa memback up wilayah udara di sekitar IKN,” kata Wakasau Marsekal Madya TNI Andyawan Martono kepada wartawan, Rabu (10/7).

Andyawan menjelaskan setelah kontrak dilakukan, nantinya proses rencana penempatan radar akan dilakukan secara bertahap. Menyusul penerimaan radar yang bakal datang setelah 18 bulan kontrak.

“Kita sudah berkontrak dari tahun kemarin ini proses pengadaan kira kira 18 bulan setelah kontrak setelah itu baru datang satu per satu totalnya sekitar rekan rekan sudah tahulah,” tuturnya.

Di samping itu, Andyawan menjelaskan tujuan pemasangan radar di IKN adalah untuk menunjang perspektif pertahanan udara yang dilengkapi air defense weapon.

“Kita juga sudah punya perspektif pertahanan udara di sekitar IKN tidak hanya radar tetapi itu ada penugasan pesawat di sana air defense weapon ada di sana,” ujarnya.

Lebih lanjut, Andyawan menyampaikan radar Thales nantinya bukan hanya ditempatkan di IKN. Tetapi, bakal ditempatkan di daerah terluar Indonesia seperti kawasan Papua.

“Sorong juga nanti akan salah satu tempat radar kita. Cukup banyak nanti Sorong ada Jayapura juga ada Tambolaka ada daerah Sumatera ada lengkap semuanya dan ada beberapa yang nanti mengganti radar radar kita yang lama,” tuturnya.