18/07/2024 9:47
EKONOMI & BISNIS

Sempat Bergerak sangat Volatile, IHSG dan Rupiah Akhirnya Ditutup Menguat

Ilustrasi kinerja IHSG. Net

Fokusmedan.com : Sempat diperdagangkan melemah di awal sesi perdagangan, IHSG berbalik bangkit dan sempat menyentuh level tertingginya 7.302. Namun, IHSG kembali berbalik arah sebelum akhirnya ditutup menguat 0.26% di level 7.269,80.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, kinerja bursa saham di Asia mayoritas juga ditutup menguat pada perdagangan hari ini.

Hal yang tidak jauh berbeda juga terjadi pada mata uang Rupiah, sempat melemah di sesi pembukaan perdagangan, Rupiah pada akhirnya ditutup menguat di level 16.245 per US Dolar, setelah sebelumnya sempat terpuruk hingga nyaris menyentuh 16.310 per US Dolar.

“Baik mata uang Rupiah dan IHSG ditransaksikan dengan volatilitas yang cukup tinggi,” ujar Gunawan, Selasa (9/7).

Di pasar saham, asing membukukan transaksi beli bersih senilai Rp270 miliar. Sementara itu, di pasar obligasi asing tercatat terus melakukan akumulasi pada sertifikat Rupiah Bank Indonesia (SRBI). Di mana masuknya aliran modal asing ke pasar keuangan di tanah air mendorong penguatan baik IHSG dan mata uang rupiah.

Di sisi lain, pada perdagangan sore ini terpantau imbal hasil US Treasury mengalami kenaikan jelang pidato Gubernur Bank Sentral AS. Ini bisa menjadi kabar buruk bagi Rupiah jika Jerome Powell justru kian menunjukan sikap hawkish dalam kebijakannya kedepan.

Dan tak hanya rupiah, harga emas terpantau bergerak sideways di level $.2360 per ons troynya, atau sekitar 1.236 juta per gram. Pelaku pasar di komoditas emas lebih memilih bersikap wait and see jelang pidato Gubernur Bank Sentral AS. (ram)