18/07/2024 9:39
OTOMOTIF & OLAH RAGA

ESG Mission, Engaging for The Future Green Kalcer Tegaskan Kepedulian Honda pada Lingkungan

Fokusmedan.com : Semangat sinergi bagi negeri dalam upaya mengajak masyarakat ikut aktif bersama sepeda motor Honda dalam mendukung kemajuan di Tanah Air terus ditunjukkan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara dengan menegaskan kepeduliannya terhadap lingkungan dan pembangunan berkelanjutan dengan menggelar program bertema ESG Mission, Engaging for The Future bertajuk “ Green Kalcer “ yang berlangsung pada Kamis, 4 Juli 2024.

Bertempat di Indako Development Center (IDC) yang berlokasi di Jl. Adam Malik Medan, Honda menghadirkan program berbasis lingkungan “ Green Kalcer “ dengan mengajak jurnalis dari sejumlah media di Kota Medan untuk memperkaya wawasan melalui edukasi seputar daur ulang atau pengolahan limbah rumah tangga yang sangat beramanfaat mendukung kelestarian lingkungan.

Pada edukasi yang memanfaatkan media virtual melalui zoom meeting, dan dimentori secara langsung oleh R.B. Sutarno yang merupakan pegiat lingkungan dan penerima penghargaan Kalpataru 2020, para rekan jurnalis tampak sangat antusias berkesempatan mendapatkan pengetahuan tentang penanganan limbah rumah tangga bersama ahlinya.

Tidak hanya mendapatkan edukasi melalui pengajaran teori, namun para peserta edukasi juga diberi kesempatan untuk mempraktekkan langsung tentang bagaimana cara membuat pengomposan senderhana dengan memanfaatkan sampah organik dan tanah yang akan memberikan manfaat berkelanjutan, seperti meningkatkan kualitas tanah, meningkatkan pertumbuhan tanaman, melindungi tanaman dari hama, dan sebagai edukasi membangun kesadaran menjaga kelestarian lingkungan.

Selain membuat pengomposan sederhana, para jurnalis juga diajak untuk membuat eco enzyme berupa cairan hasil fermentasi dari campuran sampah buah-buahan dan gula merah yang diolah secara alami. Melalui edukasi ini, diketahui bahwa penggunaan eco enzyme dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dengan memanfaatkan sumber daya alam secara lebih berkelanjutan.

Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy mengungkapkan, bahwa pengolahan limbah rumah tangga secara berkesinambungan merupakan salah satu cara tepat untuk menunjang penghijauan, menciptakan lingkungan bersih, dan menyelamatkan bumi dari ancaman kerusakan. Bersinergi bersama jurnalis, Honda hadir dengan visi yang sama yaitu menjaga lingkungan sehat menuju Sumatera Utara yang bersih dan lestari.

Sementara tiu Leo Wijaya, Vice Presdir PT Indako Trading Coy dengan mengungkapkan, dengan semangat Satu Hati mengungkapkan, bahwa melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, pihaknya terus berupaya memperkuat komitmen untuk terus konsisten berkontribusi dalam sustainability bangsa Indonesia melalui berbagai program Environmental, Social, and Governance (ESG) di Sumatera Utara.

Tidak hanya peduli lingkungan, namun rangkaian kegiatan “ESG Mission, Engaging for The Future” yang berlangsung dari bulan Mei – Juni 2024 ini juga menjadi langkah aktif bisnis sepeda motor Honda untuk terlibat dalam bidang ESG melalui layanan produk sepeda motor listrik, pendidikan, keselamatan berkendara, dan wirausaha.(ril)