24/06/2024 10:08
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Pelatihan Modul Dasar Guru SMK, Jadi Cara Honda Kembangkan Pendidikan Vokasi Sumut

Fokusmedan.com : Komitmen melanjutkan kontribusi dalam meningkatkan kualitas dunia pendidikan vokasi Sumatera Utara kembali dibuktikan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda dengan menggelar aktivitas bertajuk “ Pelatihan Modul Dasar “ para guru Sekolah Mengengah Kejuruan (SMK) Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (KTBSM) Astra Honda.

Pelatihan Modul Dasar yang berlangsung di Indako Development Center (IDC) Jl. Adam Malik Medan pada 10 s/d 15 Juni 2024 ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat kompetensi para guru SMK Mitra Binaan AHM sebagai garda terdepan dunia pendidikan vokasi dalam melahirkan para generasi muda Sumatera Utara masa depan yang membanggakan.

Mendapat bimbingan langsung dari para Instruktor Technical Honda, 14 guru SMK MItra Binaan AHM yang berasal dari berbagai daerah seperti Medan, Deli Serdang, Binjai, Simalungun, dan Tapanuli Selatan Tobasa, Kabanjahe, dan Pematang Siantar tampak antusias megikuti setiap materi yang diberikan meliputi materi komponen mesin, transmisi otomatis, bahan bakar, dan teknologi PGM FI. Selain itu materi terkait alat ukut, perawatan tools, wiring diagram, baterai, pengapian dan pengisisan, bongkar dan pasang body motor, dan ganti oli, juga terus didalami jelang pelatihan.

Untuk memperkuat skill para guru SMK Mitra Binaan AHM dalam melakukan servis dan pengetahuan tentang teknologi motor Honda, para instruktur juga membuka kesempatan untuk melakukan praktek langsung untuk menyelesaikan setiap trouble yang dapat terjadi pada mesin dan sejumlah komponen penting motor Honda.

Ahmad Fadli, guru SMK PABA Teknik mengungkapkan, bahwa profesi sebagai guru sudah seharusnya terus meningkatkan komptensinya sebagai tenaga ajar terbaik untuk anak didiknya. Karena itu sangat bersyukur dapat berkesempatan mengikuti pelatihan modul dasar dari Honda yang pastinya akan sangat bermanfaat sebagai bekal saat proses belajar mengajar nantinya berlangsung di sekolah.

Feri Panji, Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi dan berbangga dengan semangat yang ditunjukkan para guru SMK Mitra Binaan AHM yang mengikuti pelatihan modul dasar kali ini. Menurutnya semangat ini tentunya akan mendukung kontribusi Honda dalam mengembangkan dunia pendidikan vokasi di wilayah Sumatera Utara.

Sementara itu Leo Wijaya, Vice Presdir PT Indako Trading Coy dengan semangat Satu Hati mengungkapkan, komitmen sinergi bagi negeri selalu berupaya diwujudkan Honda dengan memastikan kehadirannya di dunia pendidikan vokasi dan mengajak untuk melangkah bersama menuju Sumatera Utara yang lebih baik.(ril)