22/06/2024 7:23
INTERNASIONAL

Gagal Mendarat, Pesawat Militer yang Bawa Wapres Malawi Dilaporkan Hilang

Wapres Malawi Saulos Chilima beserta istri Mary turun dari pesawat di Lillongwe saat kunjungan dari Korea Selatan. Dok AP Photo

Fokusmedan.com : Sebuah pesawat Angkatan Pertahanan Malawi yang membawa Wakil Presiden Saulos Chilima dan sembilan orang lainnya hilang, pada Senin (10/6), kata Sekretaris Presiden dan Kabinet Colleen Zamba.

“Semua upaya yang dilakukan oleh otoritas penerbangan untuk melakukan kontak sejak pesawat tersebut hilang dari radar sejauh ini telah gagal,” kata Zamba. Zamba mengatakan bahwa pesawat tersebut gagal melakukan pendaratan yang dijadwalkan di Bandar Udara Mzuzu yang terletak di bagian utara negara tersebut pada pukul 10.02 waktu setempat pada Senin (10/6/2024).

Dilansir AFP, Senin 10 Juni 2024 pesawat itu lepas landas sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Pesawat tersebut membawa Wakil Presiden Chilima, dan sembilan orang lainnya.

Pemerintah menambahkan, Presiden Lazarus Chakwera telah memerintahkan pasukan regional dan nasional terkait kejadian itu.

Utamanya untuk melakukan “operasi pencarian dan penyelamatan segera guna menemukan keberadaan pesawat tersebut”.

Presiden Chakwera yang dijadwalkan melakukan perjalanan ke Bahama untuk kunjungan kerja, saat ini telah membatalkan perjalanannya.

Pada tahun 2022, Chilima dicopot dari kekuasaannya ketika dia ditangkap dan didakwa melakukan korupsi, atas skandal suap yang melibatkan seorang pengusaha Inggris-Malawi.

Pada bulan lalu, pengadilan Malawi membatalkan dakwaan tersebut, setelah Chilima menghadiri beberapa kali persidangan. (ram)