21/06/2024 20:52
NASIONAL

Gajah Sumatera Mati Tersengat Listrik di Aceh Tengah

Fokusmedan.com : Seekor gajah sumatera kembali ditemukan mati di dalam kawasan perkebunan warga di Desa Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, Aceh. Satwa liar dilindungi ini diduga mati karena tersengat kawat beraliran listrik.

“Gadingnya masih utuh. Indikasi ke perburuan sejauh ini belum ada,” kata Ketua Tim Pengamanan Flora Fauna (TPFF) Karang Ampar, Muslim, Sabtu (8/6).

Muslim mengatakan gajah tersebut berjenis kelamin jantan. Panjang gading sekitar 3 sentimeter. Gajah ini diduga tewas pada Kamis (6/6) malam.

Tim TPFF Karang Ampar awalnya mendapat laporan kematian gajah itu dari warga.

Pada Jumat (7/6) sekitar pukul 10.00 WIB, tim turun ke lokasi dan menemukan seekor gajah telah tergeletak tak bernyawa.

Muslim menuturkan tak jauh dari bangkai gajah tersebut ditemukan kawat listrik yang dipasang mengelilingi kebun. Pihaknya menduga benda inilah yang membuat gajah jantan itu mati.

Hari ini tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh telah turun ke lokasi untuk proses nekropsi atau bedah bangkai. Belum diketahui bagaimana hasil nekropsi tersebut, termasuk apakah ada indikasi tindak pidana atas kematian gajah itu.

Sebelumnya, gajah sumatera juga ditemukan mati karena tersengat kawat listrik di Karang Ampar pada awal Maret 2024 lalu. Bangkai gajah berjenis kelamin jantan itu saat ditemukan tampak ditutupi ranting pohon.