20/06/2024 3:17
GAYA HIDUP & KESEHATAN

10 Tanda Tumor Otak yang Sering Diabaikan

Ilustrasi kanker otak.

Fokusmedan.com : Hari Tumor Otak Sedunia diperingati setiap 8 Juni untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai tumor otak, yang ditandai dengan tumbuhnya sel-sel abnormal di dalam atau di sekitar otak.

Sakit kepala merupakan salah satu gejala paling umum yang dialami hampir separuh dari orang yang menderita tumor otak.

Gejala lainnya bisa meliputi kejang, kaki atau tangan lemah atau mati rasa, ketidakseimbangan ketika berjalan, kehilangan pendengaran, perubahan perilaku, penglihatan ganda, dan kehilangan memori.

Gejala tumor otak dapat bervariasi tergantung pada lokasinya. Beberapa gejalanya dapat tidak terduga dan kebanyakan orang mungkin tidak mengaitkannya dengan tumor otak.

Sebagaimana dikutip oleh Hindustan Times di laman Antara, Sabtu (8/6/2024), Dr Rahul Gupta, Direktur Bedah Saraf dari Rumah Sakit Fortis di India menyampaikan tanda-tanda tumor otak yang sering diabaikan orang.

Berikut tanda-tanda tumor otak yang dimaksud.
1. Perilaku abnormal
Orang yang terserang tumor otak mungkin menjadi pendiam, tidak kooperatif, tidak tertarik pada lingkungan sekitar, gelisah, atau bingung. Mereka mungkin mengunjungi psikiater atau dokter yang mungkin memulai pengobatan tanpa melakukan pemeriksaan radiologi apapun.

Pasien yang demikian kondisinya bisa membaik sementara waktu, tetapi kemudian dengan cepat memburuk. Pasien seperti ini biasanya mempunyai tumor di lobus frontal.

2. Kehilangan penglihatan
Tekanan pada jalur optik dapat menyebabkan masalah penglihatan. Kehilangan penglihatan sebagian dapat terjadi pada orang yang mempunyai tumor hipofisis.

3. Gangguan hormonal
Kelainan menstruasi, infertilitas, pertumbuhan terhambat, masalah tiroid, dan gigantisme bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon yang kemungkinan disebabkan oleh tumor pada otak.

4. Ketidakseimbangan saat jalan
Beberapa pasien dengan tumor di bagian belakang otak atau peningkatan tekanan cairan otak mungkin mengalami ketidakseimbangan saat berjalan, sehingga terlihat seperti orang mabuk.

5. Masalah pendengaran
Tumor yang muncul pada saraf kranial kedelapan dapat menyebabkan gangguan pendengaran pada salah satu telinga.

6. Anggota badan melemah
Lobus frontal adalah lokasi umum terjadinya tumor otak primer dan metastatik, yang sering menyebabkan kelemahan motorik pada wajah atau anggota tubuh kontralateral.

7. Masalah bahasa
Tumor pada lobus frontal inferior atau temporal superior pada belahan otak dominan sering kali menyebabkan kesulitan berbahasa.

8. Masalah penglihatan
Tumor otak dapat menyebabkan masalah penglihatan yang berbeda tergantung pada bagian mana dari jalur penglihatan yang terlibat. Masalah penglihatan yang terjadi dapat berupa skotoma hingga kebutaan monokular, cacat penglihatan, dan penglihatan ganda.

9. Kejang
Serangan baru atau peningkatan frekuensi maupun tingkat keparahan kejang bisa jadi merupakan tanda perkembangan tumor.

10. Mual dan muntah
Mual dan muntah bisa jadi merupakan tanda peningkatan tekanan intrakranial pada pasien tumor otak, dan paling sering terjadi pada pasien dengan tumor fossa posterior.