20/06/2024 4:17
SUMUT

Kebakaran di Kampung Besilam Langkat, 14 Rumah Ludes

Kampung Besilam, Kabupaten Langkat terbakar.

Fokusmedan.com : Kebakaran hebat terjadi di Kampung Tarekat Naqsabandiyah Babussalam yang berada di Desa Besilam, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Rabu (5/6/2024) sekitar pukul 02.45 WIB.

Berdasarkan data diperoleh kebakaran tersebut, menyebabkan belasan bangunan rumah ludes terbakar, dengan perincian 5 rumah warga dan 9 rumah dijadikan panti jompo. Api dengan cepat merambat bangunan rumah semi permanen.

Di mana 5 rumah warga yang terbakar ikut bersama 9 rumah jompo yakni milik Asiah Soleh (65), Baki (42), Samsiah (60), Mursidin (50) dan Inang Boru (70).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Langkat, Dameka Putra Singarimbun mengungkapkan untuk memadamkan api, sejumlah armada pemadaman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, diturunkan untuk menjinakkan si jago merah dan berhasil dipadamkan pada pukul 04.42 WIB.

“Api sudah padam, penanganan dilakukan oleh Pemkab Langkat,” sebut Dameka Putra Singarimbun dikutip Kamis (6/6/2024).

Belum diketahui persis penyebab kebakaran tersebut, kini peristiwa kebakaran tersebut, tengah dilakukan penyelidikan pihak kepolisian.

Atas kebakaran tersebut, mantan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menyampaikan rasa duka atas kebakaran tersebut, atau disebut kampung Besilam.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Saya beserta keluarga turut berduka dan prihatin sekali atas musibah kebakaran yang melanda Kampung Besilam, Langkat kemarin. Kabar duka ini saya terima pagi ini melalui pesan singkat, dan langsung saya meminta kepada tim saya untuk segera mengirimkan bantuan ke sana untuk meringankan beban masyarakat disana,” tulis Edy dalam postingan instagramnya @edy_rahmayadi.

Mantan Pangkostrad itu, mengatakan kepada korban untuk selalu tabah dan ikhlas menghadapi coba tersebut. Edy mendoakan semoga segala musibah ini, kelak diganti dengan rezeki yang lebih baik dari Allah SWT.

“Titip pesan saya kepada seluruh korban kebakaran agar selalu tabah dan ikhlas dalam menerima cobaan ini, semua ini sudah menjadi kehendak dan takdir dari Allah SWT. Saya doakan, semoga segala musibah ini, kelak diganti dengan rezeki yang lebih baik dari Allah SWT…Amiin YRA,” sebut Edy dalam postingan video kebakaran kampung Besilam itu. (Rio)