14/06/2024 5:56
EKONOMI & BISNIS

Kinerja Manufaktur AS Terkontraksi, IHSG dan Rupiah Lanjutkan Penguatan

Ilustrasi kinerja pasar keuangan di Indonesia. 123rf.com

Fokusmedan.com : Data indeks manufaktur AS pada perdagangan kemarin dirilis lebih rendah. Data ISM Manufacturing AS pada Mei terkontraksi dengan merealisasikan indeks sebesar 48.7 atau lebih rendah dari proyeksi sebelumnya di level 49.6, dan juga lebih rendah dibandingkan realisasi bulan sebelumnya di level 49.2.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, terkontraksinya sektor manufaktur AS tersebut memicu pelemahan pada bursa saham di Amerika dan bursa di Asia pada perdagangan Selasa (4/6/2024) pagi ini.

Di tengah minimnya agenda ekonomi, IHSG sejauh ini dibuka menguat di level 7,070. Sementara itu, mata uang Rupiah terpantau menguat dikisaran level 16.190 per US Dolar.

“IHSG pada perdagangan hari ini berpeluang diperdagangkan di dua zona, seiring dengan potensi pergerakan yang sangat fluktuatif karena lebih didriving sentimen technical,” ujar Gunawan.

Ini dikarenakan buruknya kinerja bursa di kawasan Asia, ditambah IHSG secara teknikal mengalami kenaikan pada perdagangan sebelumnya sehingga sangat rentan megalami technical correction. IHSG pada perdagangan hari ini diperkirakan akan bergerak dalam rentang 7.030 hingga 7.080.

Sementara itu, mata uang rupiah masih akan bertahan dalam rentang 16.170 hingga 16.230 per US Dolarnya.

Di sisi lain, harga emas juga tidak mengalami perubahan kinerja yang signifikan pada perdagangan pagi ini. Harga emas masih ditransaksikan stabil dengan kecenderungan melemah di kisaran level $2.347 per ons troy nya.

“Meskipun berkinerja negatif pada perdagangan hari ini, namun harga emas masih relatif lebih tinggi dibandingkan dengan perdagangan sebelumnya,” pungkasnya. (ram)