20/06/2024 21:29
NASIONAL

Pilkada Sumut, NTB dan Sulsel PDIP, Perindo dan PPP Berkoalisi

Fokusmedan.com : Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, menyatakan koalisi partainya dengan PPP, Hanura, dan Perindo akan tetap berjalan pasca Pilpres 2024.

Permintaan agar koalisi tetap berjalan, kata Megawati, disampaikan langsung oleh para ketua umum partai tersebut kepada dirinya.

“Setelah pileg, pilpres sudah dinyatakan selesai tentu saya ingin menanyakan bapak bertiga, bagaimana? ‘Saya masih mau ikut bersama PDIP’,” ujar Megawati dalam pembukaan Rakernas PDIP ke-V di Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 24 Mei 2024 lalu.

Mendengar jawaban itu dari para ketua umum yang tetap ingin bekerja sama dengan partainya, Megawati mengaku senang dan berbesar hati. Menurutnya, hal itu merupakan tatakrama yang baik dan Koalisi ini akan berlanjut pada Pilkada 2024.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri membentuk Tim Pemenangan Pilkada Nasional untuk menghadapi pemilihan kepala daerah serentak pada November 2024 mendatang.

Kader partai Banteng, Adian Napitupulu, ditunjuk menjadi ketua tim tersebut.
Menyambung Pidato ketua Umum PDI Perjuangan Sekjen PDIP Hasto Kristianto mengatakan PDI Perjuangan mengatakan partainya membuka peluang berkoalisi kembali dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Hanura, dan Perindo di Pilkada 2024. Bahkan beberapa Pilkada koalisinya sudah final seperti Pilkada Sumut, NTB dan Sulsel.

Untuk Pilkada Sumut PDIP akan menurunkan Ahok sebagai Calon Gubernur , NTB Musyafirin sebagai Calon Wakil Gubernur dan Sulawesi Selatan Dhany Pomanto sebagai calon Gubernur.

Pembentukan desk Pilkada 2024 PDIP itu diungkapkan sendiri oleh Adian.

“Saat ini sudah dibentuk Tim Pemenangan Pilkada secara nasional yang sudah ditandatangani surat keputusannya oleh Ketua Umum PDI Perjuangan,” kata Adian dalam konferensi pers di sela-sela rapat kerja nasional atau Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta Selatan pada Sabtu, 25 Mei 2024.(ril)