24/06/2024 9:36
INSPIRASI

Masjid Salman Jalan STM Medan Mulai Dibangun

Ist-fokusmedan.com

Fokusmedan.com : Pembangunan Masjid Salman di Jalan STM Kelurahan Sitirejo II, Kecamatan Medan Amplas Kota Medan dimulai.

Pembangunan Masjid Salman ditandai dengan peletakan batu pertama usai sholat Jumat (31/5/24).

Pantuan di lokasi, peletakan batu pertama dimulai oleh Ketua Panitia Pembangunan, H Sahrial Saragih, diikuti Ketua BKM Masjid Salman, Abdul Wahid Siregar, H Zaidan Indra Jaya (Ucok Ibak), tokoh masyarakat dan jemaah masjid.

Acara peletakan batu pertama disaksikan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Medan Amplas, H.M Bambang Irawan Hutasuhut, S.Ag, Muspika Kecamatan Medan Amplas, pengurus BKM dan jemaah masjid.

Sebelum peletakan batu pertama pembangunan masjid, dilakukan Pendataan dan Pengukuran Arah Kiblat Masjid Salman dari Tim Hisab Rukyat Provinsi Sumut yakni oleh Drs Chairul Zen S, Al-Falaky, Irwan Tumanggor, SE, Bonggal Ritonga S.Ag, M.AP.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Salman, H Sahrial Saragih didampingi Bendahara, Drs H Syahminan Siregar, MM menerangkan peletakan batu pertama merupakan awal pembangunan sehingga masjid ini menjadi megah dan salah satu ikon Kota Medan.

“Semoga masjid dengan luas 3029 M2 ini akan menjadi contoh dan ikon di Kota Medan,” ucapnya.

Sahrial Saragih mengajak Umat Muslim mendukung pembangunan Masjid Salman ini.

Karena kata dia, anggaran pembangunan masjid berkisar Rp 14 miliar.

“Kami mohon infaq dan sedekahnya dari Umat Islam agar masjid ini cepat selesai pembangunannya,” harap H Sahrial Saragih.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Medan Amplas, HM Bambang Irawan Hutasuhut S.Ag, terharu dimulainya pembangunan Masjid Salman ini.

“Memang masjid ini sudah lama dan wajar dibangun kembali untuk lebih baik dan bisa menampung jemaah lebih banyak,” jelasnya.

Kata Bambang, dirinya tahu betul mesjid ini, ada sejarahnya bagi dirinya.

“Pembangunan masjid ini dimotori H Sahrial Saragih selaku tokoh masyarakat yang juga ketua pembangunan masjid. Saya senang dan mendukung masjid ini dibangun lagi,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua BKM Masjid Salman, Abdul Wahid Siregar berharap pembangunan masjid ini berjalan lancar dan baik.

“Sebelum peletakan batu pertama, cuaca sangat cerah, kemudian hujan turun. Menurut saya ini pertanda baik, semoga pembangunan masjid ini berjalan lancar tanpa hambatan, inilah harapan kita,” ungkapnya.

Sebelumnya, Dirjen Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah, Kementerian ATR-BPN, Asnaedi, A.Ptnh, MH, menyerahkan Sertifikat Masjid Salman Medan pada Kamis (16/5/2024) kemarin.(isu)

Ketua panitia pembangunan masjid, H Sahrial Saragih, didampingi Ketua BKM Masjid Salman Abdul Wahid Siregar, dan H Zaidan Indra Jaya menuangkan coran semen ke pondasi bangunan masjid.(Ist)