17/06/2024 14:02
NASIONAL

Pahami, Ini Peran Penting Dua Kaca Spion pada Motor

Fokusmedan.com : Berbagai jenis kendaraan termasuk sepeda motor yang kerap digunakan untuk menemani aktivitas berkendara masyarakat di jalan raya pastinya memiliki perangkat kaca spion yang akan mendukung kenyamanan dan keamanan berkendara. Namun, tidak semua pengendara memiliki pemahaman yang cukup terkait fungsi penting kaca sion.

Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa saat ini spion pada sepeda motor sudah dirancang sesuai kebutuhan pengendara. sehingga memiliki ragam jenis dan model yang menyesuaikan trend dan gaya sepeda motor masa kini.

Menurutnya, kaca spion sendiri merupakan bagian penting dan wajib terpasang pada sepeda motor. Karena fungsi utama dari spion adalah untuk melihat situasi keadaan sekitar yang berada di belakang dan di samping kendaraan motor ketika hendak berbelok, berpindah jalur ataupun menyeberang jalan.

Keberadaan kaca spion bukanlah sekedar aksesori, melainkan elemen keselamatan yang vital. Namun terkadang muncul pertanyaan tentang mengapa harus ada dua kaca spion pada kendaraan bermotor.

Instruktur safety riding terlatih Honda juga mengungkapkan, bahwa keberadaan dua kaca spion menjadi sangat penting, mengingat sepeda motor sebagai kendaraan terkecil di jalan, sehingga penting untuk terlihat dan melihat. Terutama saat menyusul kendaraan harus melihat kondisi kendaraan di belakang, maka dari itu penting spion di motor, posisinya tepat dan melihatnya tepat.

Dengan kaca spion kiri dan kanan, pengendara bisa memantau kondisi lalu lintas saat ingin menyusul atau berhenti. Hal tersebut menjadikan kaca spion kanan dan kiri sama pentingnya dalam mendukung keselamatan dan #cari_aman saat berkendara, disarankan juga bagi pengendara untuk melihat samping kiri kanan sepersekian detik, agar memastikan tidak ada kendaraan lain yang berada di titik blind spot spion ketika saat akan berbelok, mendahului kendaraan lain ataupun berpindah jalur.

Sofiyan Hazri menambahkan, untuk selalu #cari_aman saat naik motor di jalan, maka dibutuhkan kesadaran para pengguna roda dua untuk tetap memasang kaca spion pada motor kesayangannya. Karena kaca spion juga memiliki peranan penting dalam mencegah kecelakaan, dan melindungi hal berharga dalam hidup para pengendara yaitu keselamatan.(ril)