24/06/2024 11:21
FOKUS MEDAN

Kota Medan Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Sumut 2024

Pj Gubernur Sumut Hassanudin beri penghargaan kepada Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman.

Fokusmedan.com : Kota Medan berhasil meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024 sebagai terbaik kedua. Diharapkan, PPD tersebut kian menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemko Medan, termasuk memperkuat kolaborasi dan kontribusi dengan masyarakat dalam mendukung pembangunan di Kota Medan.

Penghargaan diberikan Pj Gubernur Sumut Hassanudin kepada Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Provinsi Sumatera Utara di Medan, Jum’at (8/3).

Atas capaian prestasi tersebut, Aulia Rachman menyampaikan rasa syukur, karena dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan, Bobby Nasution sudah banyak pembangunan yang dilakukan demi mendukung kemajuan kota.

“Inisiatornya adalah Pak Wali Kota Medan, bagaimana beliau mendesain perubahan untuk kota Medan ini dengan sangat signifikan, dengan perencanaan yang sangat baik,”kata Aulia Rachman.

Selain itu bilang Aulia Rachman lagi, pembangunan kota yang hari ini dilakukan Pemko Medan juga tidak terlepas dari sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah kota yang terjalin dengan baik. Karena itu kedepanya Aulia Rachman meyakini pembangunan di Kota Medan akan semakin baik lagi.

“Saya yakin 2024 kota Medan akan memiliki wajah baru, karena Pak Wali Kota Medan sendiri sudah menargetkan untuk meningkat perekonomian di kota Medan, merubah wajah baru kota Medan dengan pembangunan infrastruktur yang luar biasa, masyarakat hanya perlu bersabar karena ini semua untuk masyarakat Kota Medan,” ujar Aulia Rachman seraya menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada Wali Kota Medan, Bobby Nasution untuk menjalankan amanah dengan baik.

Dalam Musrenbang yang diikuti para kepala daerah di Sumatera Utara tersebut, Hassanudin mengatakan, Pemprov Sumut akan terus memperkuat hilirisasi dan kewirausahaan di tahun 2025. Kedua hal tersebut , imbuhnya, diyakini dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan.

“Tantangan Sumut ke depannya adalah memperkuat struktur ekonomi melalui transformasi struktural dengan jalur hilirisasi, sehingga ke depan perekonomian kita berciri industri pengelolaan berbasis pertanian,” kata Hassanudin saat membuka Musrenbang RKPD Tahun 2025 Provinsi Sumut tersebut.

Sementara itu, sambung Hassanudin, sektor kewirausahaan di Sumut, masih didominasi pelaku UMKM sekitar 98,87%. Sedangkan, kategori usaha menengah dan besar masih 1,12%. Hanya saja, ungkapnya, besarnya jumlah UMKM tidak disertai kontribusi besar pada perekonomian, karena baru mencapai 46,51%.

“Masih rendahnya produktivitas UMKM tidak terlepas dari persoalan seperti rendahnya akses permodalan, pemasaran dan kualitas SDM, serta terkait teknologi,” terangnya. (ram)