17/06/2024 18:34
SUMUT

Strategi UMKM Naik Kelas Melalui Digitalisasi

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid disela seminar bertema “Strategi UMKM Naik Kelas Melalui Digitalisasi”.

Fokusmedan.com : Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid bekerjasama dengan Ditjen APTIKA Kominfo melaksanakan seminar dengan tema “Strategi UMKM Naik Kelas Melalui Digitalisasi”. Seminar ini dilaksanakan pada Sabtu, 27 Januari 2024.

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid mengatakan, salah satu alasan seminar ini dilaksanakan adalah untuk membantu UMKM naik kelas dengan digitalisasi yang menjadi kunci utama dalam menghadapi era ekonomi digital saat ini.

“Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Namun, UMKM seringkali menghadapi berbagai tantangan, termasuk akses pasar yang terbatas, kurangnya akses ke teknologi, dan kurangnya sumber daya manusia yang kompeten. Untuk mengatasi tantangan ini, digitalisasi menjadi strategi yang penting bagi UMKM untuk naik kelas dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif,” ujarnya melalui keterangan di Medan, Kamis (7/3/2024).

Digitalisasi, lanjut Meutya Hafid, menawarkan berbagai peluang bagi UMKM untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperkuat brand awareness. Salah satu strategi digitalisasi yang dapat diterapkan oleh UMKM adalah dengan memanfaatkan platform e-commerce.

“Dengan menggunakan platform e-commerce, UMKM dapat memperluas pasar mereka ke tingkat nasional bahkan internasional tanpa terbatas oleh keterbatasan geografis. Hal ini memungkinkan UMKM untuk meningkatkan penjualan mereka dan memperluas pangsa pasar mereka,” tegasnya.

Praktisi UMKM, Delviana Naveratilova Malau mengatakan, dengan menerapkan strategi digitalisasi, UMKM dapat naik kelas dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

“Oleh karena itu, pemerintah, lembaga keuangan, dan perusahaan teknologi perlu bekerja sama dalam mendukung digitalisasi UMKM agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas,” ucapnya.

Namun, kata dia, untuk menerapkan strategi digitalisasi ini, UMKM perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama, mereka perlu memiliki akses yang memadai terhadap teknologi dan internet.

“Hal ini dapat dilakukan melalui kerjasama dengan pemerintah, lembaga keuangan, atau perusahaan teknologi untuk mendapatkan akses dan sumber daya yang diperlukan. Selain itu, kita juga perlu melatih diri dalam mengelola teknologi dan memanfaatkannya secara efektif,” tukasnya. (ng)