14/06/2024 7:32
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Penting Menjaga Rem Tetap Pakem untuk #cari_aman, Ini Tipsnya

Fokusmedan.com : Rem sebagai salah satu komponen keselamatan berkendara pada motor perlu mendapat perhatian khusus dari sang pemilik kendaraan. Hal tersebut dikarenankan rem tidak hanya merupakan komponenn pada motor yang berfungsi memperlambat dan mengentikan putaran roda sehingga laju kendaraan dapat diturunkan, namun juga mendukung pengendara untuk #cari_aman saat naik motor di jalan.

Rem sendiri tersedia dalam beragam tipe, salah satu yang banyak digunakan adalah cakram atau disc brake. Untuk pengoperasian, cakram banyak menggunakan sistem rem hidrolik atau pengoperasian sistem dengan memanfaatkan tekanan hidrolik.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara dengan semangat Satu Hati mengungkapkan, bahwa keselamatan menjadi fokus utama Honda dalam menghadirkan armada berkualitas. Menurutnya untuk mendukung keselamatan berkendara, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan untuk merawat cakram pada motor agar tetap prima.

Menurut Erwin, penggantian minyak rem umumnya dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 Kilometer. Meskipun jarak penggantian berkala cukup lama, namun sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara visual kondisi minyak rem yang ada pada tank master rem baik pemeriksaan kuantitas maupun kualitasnya.

Untuk pemeriksaan kuantitas, pemilik kendaraan dapat melihat level permukaan minyak rem apakah sudah menyentuh marking lower atau level paling bawah. Jika sudah menyentuh, pemeriksaan perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kampas rem yang sudah mulai aus. Semakin aus kampas rem maka level permukaan minyak rem akan semakin menurun.

Erwin juga mengungkapkan, bahwA Untuk pemeriksaan kualitas dari minyak rem, dapat dilihat dari warnanya. Semakin gelap warnanya, maka kualitasnya juga semakin berkurang. Selain itu Jika terasa ada hal ganjil saat pengereman, maka pemilik kendaraan sebaiknya segera mengganti seal master rem untuk #cari_aman.

“ Memastikan kondisi rem menjadi hal yang wajib dilakukan para pecinta roda dua. Kareanya, untuk memastikan kondisi rem pada motor, sebaiknya percayakan pemeriksaan sekaligus perawatan di bengkel resmi AHASS. Karena tidak hanya rem, namun seluruh komponen penting pada motor lainnya akan ikut terjaga, “ ujar Erwin.(ril)