22/06/2024 8:04
SUMUT

Dua Napi Ditangkap karena Selundupkan Sabu di Lapas Tanjung Balai

Dua Napi ditangkap karena selundupkan sabu di lapas Tanjung Balai. Ist

Fokusmedan.com : Dua narapidana (Napi) di Lapas Kelas II B Tanjung Balai, menyelundupkan narkoba dengan jenis sabu dan handphone, masuk ke dalam sel penjara. Kini, kasus tersebut tengah dilakukan penyidikan Satuan Narkoba Polres Tanjung Balai.

Kedua napi diamankan petugas kepolisian masing-masing berinisial JH alias Jepri dan M. S alias Ationg. Para wargabinaan ini, menjalani hukuman kasus yang sama di Lapas Kelas II B Tanjung Balai.

Kasat Narkoba Polres Tanjung Balai, AKP R. Silalahi mengungkapkan kasus kedua napi itu, limpahan dari Lapas Kelas II B Tanjung Balai. Berawal petugas Lapas melakukan razia di blok sel Simardan 1 Blok E di Lapas Tanjung Balai, Senin pagi, 19 Februari 2024, sekitar Pukul 08.30 WIB.

“Di kamar sel tersebut, ditemukan 1 bungkus plastik klip transparan ukuran sedang, yang berisikan 8 bungkus plastik transparan ukuran kecil, diduga berisi narkotika jenis shabu dengan berat kotor 0,92 gram,” ucap R Silalahi, Senin (26/2/2024).

Selain barang haram tersebut, juga diamankan dan disita sebuah handphone merk Oppo warna biru. Kemudian, pihak Lapas berkordinasi dengan Polres Tanjung Balai dan menyerahkan kedua napi kepada petugas kepolisian, untuk proses penyidikan dan hukum selanjutnya.

“Kemudian, dilakukan interogasi terhadap para napi didapati bahwa pemilik sabu tersebut, adalah JH Alias Jepri. Yang ia dapat dari M. S Alias Ationg dan pengakuannya diperoleh dari Amat (Lidik) dengan cara bertamu dan menyerahkan sabu sebanyak 5 gram,” kata R Silalahi.

R Silalahi mengungkapkan pihaknya mendalami kasus penyeludupan sabu tersebut, di Lapas Tanjung Balai dan memburuh Amat sebagai pemasok sabu tersebut.

“Terhadap tersangka dipersangkakan melanggar melanggar Pasal 114 ayat (1) Subsider Pasal 112 ayat (1) UU RI nomor 35 Tahun 2009 ttg Narkotika Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana,” jelas R Silalahi. (Rio)