23/06/2024 18:11
NASIONAL

PDIP Siap Jadi Oposisi, Ganjar: Kami Pernah Berada di Luar Pemerintahan

 

Fokusmedan.com : Seusai menyantap makan siang bersama Butet dan seniman-seniman Yogyakarta, Ganjar sempat membahas kondisi politik pasca-Pemilu 2024. Salah satu yang disampaikan adalah tanggapan Ganjar soal isu PDIP siap menjadi partai oposisi.

Ganjar menerangkan menjadi oposisi pemerintah pernah dilakukan PDIP pada masa pemerintahan Presiden SBY sejak 2004 hingga 2014. Dia menyebut menjadi oposisi bukan hal yang baru bagi PDIP.

“PDI Perjuangan pernah berada di luar pemerintahan,” kata Ganjar.

Meski demikian Ganjar menyebut PDIP belum pasti akan menjadi oposisi. Hal ini dikarenakan siapa pemenang Pilpres 2024 belum diumumkan KPU.

Pernyataan PDIP siap menjadi oposisi bagi pemerintah ini disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Hasto menyebut saat menjadi oposisi, PDIP banyak diapresiasi masyarakat.

“Ketika PDI Perjuangan berada di luar pemerintahan tahun 2004 dan 2009, kami banyak diapresiasi karena peran serta meningkatkan kualitas demokrasi. Bahkan, tugas di luar pemerintahan, suatu tugas yang patriotik bagi pembelaan kepentingan rakyat itu sendiri,” kata Hasto dalam keterangannya, Kamis (15/2).(yaya)