22/06/2024 6:56
SUMUT

Mahasiswa di Sumut Antusias Kawal Pileg 2024

Sejumlah mahasiswa untuk menjadi pemantau hasil Pemilu Legislatif 2024.

Fokusmedan.com : Antusias anak muda terutama kalangan mahasiswa untuk menjadi pemantau hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 sangat tinggi. Ini terbukti dari keterlibatan mahasiswa dari berbagai kampus yang berada di Kota Medan dan Deliserdang yang secara sukarela mencatat hasil penghitungan suara calon legislatif (Caleg) di daerah pemilihan Sumut 1.

Salah satu relawan yang turun langsung memantau penghitungan suara di TPS adalah Sri Putri Husniardi. Mahasiswi STIKES Sehati ini sengaja turun memantau TPS di Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor untuk mencegah adanya kecurangan.

“Saya dan teman-teman sengaja menjadi saksi luar proses Pemilu terutama saat penghitungan suara, karena kami tidak ingin terjadi kecurangan,” kata Sri Putri saat ditemui di Rumah Aspirasi Sofyan Tan, Rabu (14/2/2024).

Relawan lainnya, Lia Yustina Manik membenarkan alasan Sri Putri terkait keterlibatan mereka dalam memantau proses penghitungan suara, khususnya suara milik Caleg DPR RI Sofyan Tan.

“Ini bentuk ucapan terima kasih kami ke Pak Sofyan karena sudah membukakan jalan untuk mendapatkan KIP Aspirasi,” kata Lia yang saat ini terdaftar sebagai Mahasiswa program studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Medan (Unimed).

Menanggapi antusiasme para mahasiswa ini, Sofyan Tan mengaku bangga karena anak-anak muda terutama mahasiswa tetap mau terlibat dalam politik terutama Pemilu.

“Ini rata-rata mereka adalah pemilih pemula, sehingga pengalaman mereka dalam menggunakan hak politiknya masih bisa kita bilang minim. Tetapi semangat mereka untuk menciptakan Pemilu yang jujur dan adil tanpa adanya kecurangan harus kita apresiasi,” tegasnya.

Untuk Pemilu kali ini, Sofyan Tan mengaku memang menyiapkan aplikasi khusus untuk memantau perolehan suaranya.
.
“Ini kali ketika saya ikut Pileg, tentunya saya ingin melihat apakah perolehan suara saya naik atau justru turun dari Pileg sebelumnya. Karena ini menyangkut kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja saya selama duduk di DPR RI,” tambahnya.

Dari hasil pemantauan sementara di pukul 20.22 WIB, dari 5.095 TPS yang sudah mengirimkan suara, Sofyan Tan yang menempati nomor urut 2 memperoleh 128.714 suara.

Angka ini sudah melampaui perolehan suara pada Pileg 2014 yang tercatat sebanyak 113.000 suara. (ng )