24/06/2024 10:36
NASIONAL

Intip Kemeriahan Imlek dalam Mal di Depok, Warga Antusias Tonton Pertunjukan Barongsai

Fokusmedan.com : Hampir semua tempat yang menggelar pertunjukan barongsai dipenuhi pengunjung.

Seperti yang terlihat di MargoCity. Sudah sejak siang pengunjung datang untuk menyaksikan pertunjukan yang digelar sore hari.

Pertunjukan digelar di atrium mal. Lebih dari 5.000 pengunjung memadati area mal saat pertunjukan.

Ribuan warga sudah berkumpul dalam area pertunjukan, baik anak-anak hingga orang tua. Mereka tidak ingin melewatkan kesempatan melihat serunya pertunjukan. Bahkan banyak pengunjung yang rela duduk di lantai mal.

Barongsai di MargoCity rutin digelar tiap Tahun Baru Imlek. Pertunjukkan digelar tiap akhir pekan hingga Cap Go Meh.

“Pertunjukan barongsai memang selalu ditunggu-tunggu oleh pengunjung kami di sini. Karena banyak pertunjukan khas Tionghoa yang dihadirkan. Pertunjukan ini terbuka untuk pengunjung,” kata Manager Marcomm MargoCity Indra Hedy Lesmana, Sabtu (10/2).

Tahun ini pihaknya mengusung tema “MargoCity The Year of Dragon”. Dekorasi yang dihadirkan dalam mal pun bertemakan Imlek.

Tahun ini dalam astrologi Cina masuk ke dalam sio Naga tepatnya Naga Kayu yang melambangkan kesuksesan, kecerdasan, dan kehormatan serta penuh energi dan impian untuk mengubah dunia dengan harapan yang sangat baik.

“Ini kerap kali identik dengan barongsai dalam perayaan Tahun Baru Imlek, barongsai yang merupakan tarian tradisional China yang menggunakan pakaian menyerupai singa. Singa sendiri melambangkan keberanian, stabilitas, dan keunggulan bagi masyarakat Tionghoa,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, pengunjung dapat menikmati dan merasakan kemeriahan perayaan Imlek dengan penampilan memukau Barongsai Tonggak, Lion Dance, Pekingsai Show & God of Fortune Parade yang akan berlangsung pada setiap Weekend mulai tanggal 9 Februari – 24 Februari 2024 di Ground Floor – Atrium Utama MargoCity yang akan disulap menjadi area pertunjukan dengan berbagai atraksi spektakuler.

“Jadwalnya setiap akhir pekan mulai 9- 24 Februari 2024,” tambahnya.

Warga yang datang tidak hanya dari Depok. Banyak juga warga luar Depok yang sengaja datang untuk melihat pertunjukan barongsai. Warga Cimanggis itu mengaku tahu ada pertunjukan ini dari sosial media.

“Seru banget, ini pengalaman pertama bawa anak nonton barongsai. Tadi emang sengaja ke sini mau nonton,” kata Sifa, warga Cimanggis.

Alwi, penonton lain, mengaku senang melihat pertunjukan barongsai. Ini adalah pengalaman pertamanya. “Keren tadi Barongsainya lompat-lompat di tiang. Seru banget,” katanya.

Riuh tepuk tangan penonton bergema saat Barongsai Tonggak, Lion Dance, Pekingsai Show melakukan atraksi.

Pertunjukan dibagi dalam tiga sesi. Pertama adalah Lion Dance di mana sejumlah pemain membawakan tarian dengan boneka. Para pemain terlihat sangat lincah ketika berputar dengan membawa boneka dan memperlihatkan atraksi memukau.

Sesi kedua adalah Pekingsai Show di mana sejumlah pemain menari menggunakan boneka naga.

Berbagai atrasi menarik diperlihatkan yang membuat pengunjung semakin riuh bertepuk tangan.

Di sesi akhir adalah Barongsai Tonggak. Ini menjadi momen yang paling dinantikan, karena pemain melompat di tiang-tiang sambil membawa boneka. Di ahir pertunjukan, barongsai memberikan suvenir berupa boneka kecil pada penonton.(yaya)