21/06/2024 20:57
INTERNASIONAL

Peringkat Paspor Indonesia di Urutan Ke-66 Dunia, Kalah dari Timor Leste, Malaysia dan Thailand

Fokusmedan.com : Henley & Partner baru saja merilis peringkat paspor negara-negara di dunia untuk periode 2024. Dalam data tersebut menunjukan Indonesia berada di peringkat ke-66 dunia.

Dalam indeks tersebut menampilkan pemegang paspor Indonesia bisa bebas masuk visa ke 78 negara.

Namun, peringkat paspor Indonesia masih kalah dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Perlu diketahui, ranking relatif ini ditentukan dengan menghitung jumlah negara yang mengizinkan pemegang paspor satu negara untuk masuk ke satu negara lainnya yang menggunakan visa kunjungan saat kedatangan atau otorisasi perjalanan elektronik (eTA).

Visa atau yang sering disebut sebagai visa turis, adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh pemerintah negara yang dituju sebagai syarat untuk memasuki negara tersebut.

Visa perjalanan menunjukkan izin masuk seseorang ke negara tujuan untuk tujuan tertentu, seperti berlibur, berkunjung ke kerabat, atau berbisnis.

Sementara itu, paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah sebuah negara untuk mengidentifikasi pemiliknya dan memberikan izin untuk melakukan perjalanan ke negara lain.

Paspor berisi informasi pribadi seperti nama, tanggal lahir, dan tempat tinggal, serta informasi tentang kewarganegaraan dan foto pemiliknya.

Paspor memiliki peran yang sangat penting dalam perjalanan internasional. Tanpa paspor, seseorang tidak diizinkan untuk memasuki negara lain.

Dokumen ini menjadi bukti identitas yang resmi dan diakui di seluruh dunia. Oleh karena itu, memiliki paspor yang valid dan up-to-date sangatlah penting jika seseorang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri.

1. Singapura peringkat pertama dengan bebas visa ke 194 negara

2. Malaysia peringkat 12 dengan bebas visa ke 182 negara

3. Brunei Darussalam peringkat 20 dengan bebas visa ke 168 negara

4. Thailand peringkat 63 dengan bebas visa ke 82 negara

5. Timor Leste peringkat 56 dengan bebas visa ke 96 negara

6. Indonesia peringkat 66 dengan bebas visa ke 78 negara

7. Filipina peringkat 74 dengan bebas visa ke 69 negara

8. Kamboja peringkat 86 dengan bebas visa ke 56 negara

9. Vietnam peringkat 87 dengan bebas visa ke 55 negara

10. Myanmar peringkat 92 dengan bebas visa ke 48 negara