17/06/2024 18:14
SUMUT

Dua Ruas Tol Diresmikan, Pj Gubernur Sumut Optimis Dongkrak Sektor Industri dan Pariwisata

Presiden Jokowi didampingi oleh Pj Gubernur Sumut Hassanudin meresmikan dua ruas tol di Sumut. Ist 

Fokusmedan.com : Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin optimis dua ruas jalan tol yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo, yakni tol ruas Tebingtinggi-Indrapura dan Tebingtinggi-Limapuluh, akan mendorong pertumbuhan industri dan pariwisata. Kedua ruas tol ini, menurutnya memiliki peran sentral untuk pembangunan di Sumut.

Kedua ruas tol ini akan meningkatkan konektivitas kawasan-kawasan strategis di Sumut. Ruas ini juga akan berdampak pada Pelabuhan Kualatanjung, KEK Sei Mangke dan Danau Toba.

“Ruas tol ini akan memperlancar logistik ke kawasan strategis kita, sehingga bisa memangkas biaya produksi, dan juga akan memperlancar jalur ke Danau Toba,” kata Hassanudin, usai peresmian ruas tol Tebingtinggi-Indrapura dan Tebingtinggi-Limapuluh oleh Presiden Ri di Gerbang Tol Limapuluh, Rabu (7/2).

Hassanudin pun berharap, dengan meningkatnya aksebilitas ini, semakin banyak investasi yang masuk ke Sumut. Sehingga pembangunan di Sumut, semakin cepat, serta membuka peluang usaha-usaha baru.

“Kita harap semakin banyak yang berinvestasi, membuka peluang usaha baru dan menyerap tenaga kerja baru dalam jumlah yang besar,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo mengatakan pembangunan tol Tebingtinggi-Indrapura dengan panjang 20,4 Km menelan biaya Rp3,06 triliun. Sedangkan ruas tol Tebingtinggi-Limapuluh yang panjangnya 15,6 Km menelan biaya Rp1,67 triliun.

“Kedua tol ini merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera, saya yakin dengan pembangunan tol ini semakin banyak yang investasi untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di Sumatera Utara,” kata Joko Widodo, usai resmikan kedua tol tersebut.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir mengatakan, kedua tol ini memberikan dukungan ke Pelabuhan Kualatanjung dan KEK Seimangke. Tujuannya untuk menurunkan biaya logistik dan aksebilitas.

“Seperti ruas tol lainnya akan menurunkan biaya logistik dan memperlancar akses ke daerah wisata seperti Danau Toba, kita harap bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di Sumut,” kata Miftachul Munir. (ng)