14/06/2024 7:04
SUMUT

Hutama Karya Targetkan Pembangunan Ruas Tol KUTEPAT Selasai November 2024

Media Gathering PT Hutama Karya. Ist

Fokusmedan.com : PT Hutama Karya (Persero) targertkan pembangunan ruas Jalan Tol Kuala Tanjung-TebintTinggi-Parapat (KUTEPAT) selesai November 2024. Dalam progresnya, Hutama Karya mengklaim ada sejumlah kendala yang dihadapi.

Sekretaris Perusahaan PT Hutama Marga Waskita, Ergy Pramadipta mengatakan, salah satu kendala dalam penyelesaian konstruksi pembangunan Jalan Tol KUTEPAT adalah pembebasan lahan.

“Kendalanya, pembebasan lahan untuk konstruksi pembangunan ruas Tol Serbelawan-Pematangsiantar yang masuk dalam Seksi 4 ruas tol KUTEPAT,” ujarnya saat media gathering yang di Kota Medan, Jumat (2/2).

Dan sampai saat ini, sambungnya, pembebasan lahan mulai dari GT Sinaksak sampai GT Raya masih menyisakan masalah pembebasan lahan. Ada sekitar 47 bidang. Di mana itu memang merupakan kendala penyelesaian konstruksi.

Permasalahan pembebasan lahan menjadi hal yang umum terjadi dalam proyek pembangunan tol. Secara khusus pada Seksi 4 ini, persoalan pembebasan lahan menyangkut tanah garapan eks HGU PTPN. Untuk menyelesaikan masalahnya, seluruh stakeholder dilibatkan.

“Prosesnya juga cukup panjang, kita tidak bisa sendiri, tapi melibatkan stakeholder pemerintah. Termasuk jalur yang kita tempuh lewat konsinyasi,” sambungnya.

“Secara keseluruhan, pembangunan ruas KUTEPAT ditargetkan selesai pada November 2024,” pungkasnya. (ng)