22/06/2024 5:58
FOKUS MEDAN

Kodam I Bukit Barisan Terjunkan 15 Ribu Personel Amankan Pemilu 2024 di 4 Provinsi

Apel pengamanan Pemilu 2024, di Lapangan Benteng Medan.

Fokusmedan.com : Sebanyak 15 ribu personel TNI dari Kodam I Bukit Barisan, diterjunkan untuk membantu Polri dalam melakukan pengamanan Pemilu Tahun 2024. Dengan tujuan, TNI menjalani tugas pengamanan Pemilu, yang aman, damai, dan tertib.

Belasan ribu anggota TNI itu, bertugas mengamankan Pemilu di 4 Provinsi, di wilayah kerja Kodam I Bukit Barisan, yakni Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.

Hal itu, diungkapkan oleh Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan kepada wartawan, usai memimpil apel pengamanan Pemilu 2024, di Lapangan Benteng Medan, Kamis (1/2/2024).

“Untuk di Kodam I, nanti kita kerahkan satu kompi. Kemudian untuk jajaran Polres itu satu pleton TNI. Kita masih banyak cukup untuk kita siapkan dan siap kita kerahkan. Jadi, sampai saat ini kekuatan kita 15 ribu untuk angkatan darat saja,” jelas Hasan.

Untuk diketahui, Kodam I Bukit Barisan total memiliki kekuatan 88.724 personel di empat provinsi yang menjadi wilayah kerja. Sumatra Utara ada sejumlah 45.875 personel. Kemudian, 19.366 personel di Riau, Sumatra Barat ada 17.569 personel dan Kepri 5.914 personel.

Hasan mengungkapkan pihaknya siap menyukseskan Pemilu 2024, bersama masyarakat dan stekholder terkait. Termasuk, melakukan pengamanan distribusi logistik oleh KPU hingga pelaksanaan hari pemungutan suara aman dan lancar.

“Kami (TNI) siap untuk mendukung pengamanan Pemilu 2024 dengan aman, damai, dan tertib. Wilayah Kodam I ini banyak pulau-pulau yang harus menjadi atensi kita. Pulau Mentawai, Nias, juga di Natuna. Sejauh ini tidak ada masalah,” kata Hasan.

Hasan mengungkapkan pihak TNI juga menyiapkan sarana dan prasarana dengan akan mengerahkan alutsista untuk transportasi darat, laut, dan udara, dalam pengamanan Pemilu 2024 ini.

“Dukungan logistik di Pulau-pulau itu menjadi perhatian kami. Saya dengan pak kapolda dan Pj (Gubsu) selalu memonitor itu. Kita juga sudah menyiapkan alutsista jika diperlukan. KPU mendorong logistik untuk pesawat terbang dan kapal laut kita siapkan,” jelas Hassan.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Imam Setya Effendi mengajak masyarakat, untuk menyukseskan Pemilu 2024, dengan aman, lancar. Ia mengungkapkan pihaknya bersama TNI siap memberikan keamanan kepada masyarakat.

“Kami dengan seluruh Pangdam dan seluruh jajaran akan terus mengupayakan pencegahan agar semua bisa mengendalikan dan mengelola keamanan ini agar lebih baik lagi,” kata kapolda.

Sementara Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting meminta seluruh kontestan Pemilu untuk turut mengawal pesta demokrasi. Demi terwujudnya pemilu damai, Baskami meminta para kontestan menjaga suara di masing-masing di TPS.

“Kami minta kepada seluruh TNI/ Polri dan ASN harus netral karena ini pesta rakyat. Di sini kita harus bisa memilih pemimpin yang lebih baik. Kiranya semua harus berpartisipasi dan jangan Golput,” sebut Baskami. (Rio)