22/06/2024 7:29
GAYA HIDUP & KESEHATAN

Laboratorium Medis Sultan Beroperasi, Diharapkan Tingkatkan Kesahatan di Medan

Kadis Kesehatan dr. Taufik Ririansyah pada peresmian Laboratorium Sultan.

Fokusmedan.com : Pemko Medan mengapresiasi beroperasinya Laboratorium Medis Sultan. Diharapkan laboratorim ini kian meningkatkan pelayanan kesehatan di Medan melalui pengujian diagnostik yang akurat dan tepat waktu.

Apresiasi ini disampaikan Kadis Kesehatan dr. Taufik Ririansyah pada peresmian Laboratorium Sultan yang berlokasi di Jalan Iskandar Muda, Kelurahan Petisah Hulu, Selasa (30/1).

Dalam kegiatan yang dihadiri antara lain oleh Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Nurbaiti Harahap, pendiri Laboratorium Medis Sultan RM Mulianta Sitepu, dan Lurah Petisah Hulu E. Limbong, Taufik juga mengatakan, eksistensi laboratorium juga dapat membantu pemantau penyakit kronis dan deteksi penyakit menular, sehingga memungkinkan pengobatan dan pengendalian wabah dengan cepat.

Selain itu, lanjutnya, dengan munculnya teknologi yang canggih, laboratorium medis semakin menjadi komponen penting dalam pengobatan.

“Dengan kemampuan menganalisis data genetik dan molekular, laboratorim dapat mengidentifikasi faktor risiko individual dan mengembangkan rencana perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan,” ungkapnya.

Taufik berharap, ke depan laboratorium ini lebih sekadar kumpulan teknologi dan peralatan, melainkan sebuah upaya kolaboratif dengan mengintegrasikan berbagai pilihan diagnostik dan pengobatan di bawah satu atap.

“Selain itu, besar harapan laboratorium ini akan berfungsi sebagai pusat penelitian ilmiah dan inovasi di bidang kesehatan masyarakat, membuka pintu menuju masa depan yang lebih sehat, aman, dan terjamin bagi kita semua,” ungkapnya. (ram)