20/06/2024 22:34
FOKUS MEDAN

Oknum TNI AU yang Tikam Pemilik Warkop Hingga Tewas di Medan Divonis Ringan 1,5 Tahun Penjara

Oknum TNI AU yang tikam pemilik Warkop hingga tewas di Medan divonis 1,5 tahun penjara.

Fokusmedan.com : Hakim Pengadilan Militer I-02 Medan menjatuhkan vonis 1,5 tahun penjara terhadap oknum TNI AU Pratu Richal Alunpah yang melakukan penikaman terhadap pemilik warkop Yoshua Samosir (38) hingga tewas.

Dalam putusan yang dibacakan Ketua Majelis Hakim Letkol Chk Djunaedi Iskandar, SH menyatakan Pratu Richal Alunpah bersalah melakukan tindak pidana yang merenggut nyawa korban.

“Mempidanakan, dengan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan (satu setengah tahun),” ujarnya membacakan vonis, Selasa (23/1/2024) sore.

Hakim menilai perbuatan terdakwa terbukti melanggar pasal 351 ayat 1 KUHP tentang penganiayaan.

Adapun hal yang memberatkan terdakwa menurut hakim yakni terdakwa telah menyebabkan luka yang dalam bagi keluarga korban, dan perbuatan terdakwa bertentangan dengan sumpah prajurit.

Sementara, hal yang meringankan yakni erdakwa bersikap sopan dalam persidangan, mengakui dan menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

“Terdakwa sudah meminta maaf kepada keluarga korban, terdakwa sudah memberikan uang dukacita kepada kelurga koban senilai Rp 69 juta,” ujarnya.

Lebih lanjut terdakwa merupakan anggota pasukan khusus TNI AU yang terlatih dan tenaga serta keterampilan terdakwa masih dibutuhkan oleh satuan.

“Terdakwa masih muda dan masih bisa dibina menjadi prajurit yang baik dan dipergunakan tenaga dan kemampuannya di satuan,” tukasnya.

Usai menjatuhkan vonis, majelis hakim memberikan waktu 7 hari kepada Oditur maupun terdakwa melalui kuasa hukum untuk mengajukan upaya hukum banding apabila tidak menerima putusan tersebut.

Vonis tersebut, diketahui lebih ringan dari tuntutan Oditur pada persidangan sebelumnya. Sebab dalam nota tuntutannya, Oditur Mayor Chk Sugito menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 2 tahun.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa berdarah merenggut nyawa seorang pria pemilik warkop bernama Yoshua Samosir (38) di Jalan Adi Sucipto Kecamatan Medan Polonia, Minggu (23/7/2023) dinihari sekitar pukul 01.00 WIB.

Korban meninggal dunia karena kehabisan darah usai leher ditusuk pisau sangkur. Sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat, tapi nyawanya ayah tiga orang ini tetap tak dapat diselamatkan.

Petugas POM AU yang melakukan penyelidikan akhirnya menangkap pelaku pembunuhan yang menewaskan Yoshua Samosir (38) pemilik warung kopi di Jalan Adi Sucipto Medan Polonia sudah ditangkap. (Rio)