21/06/2024 20:54
EKONOMI & BISNIS

Harga Tomat Bertahan Mahal di Akhir Pekan dan Harga Minyak Goreng Mulai Naik

Harga tomat pekan ini bertambah mahal. Ist

Fokusmedan.com : Harga tomat masih bertahan mahal dalam rentang Rp18 hingga 23 ribu per Kg berdasarkan hasil pemantauan di sejumlah pasar tradisional di Medan dan sekitarnya.

Pengamat ekonomi Sumut Gunawan Benjamin mengatakan, konsumen mengeluhkan mahalnya harga tomat saat ini. Kenaikan harga tomat ini sudah berlangsung hampir 3 bulan terakhir.

“Kenaikan harga tomat dikarenakan seiring dengan tingginya permintaan tomat dari luar wilayah Sumut,” ujarnya, Jumat (19/1/2024).

Sementara itu, harga minyak goreng curah terpantau mengalami kenaikan harga dalam rentang Rp15 ribu hingga Rp15.500 per Kg, naik sekitar Rp500 rupiah per Kg nya. Harga minyak goreng curah sejauh ini lebih mahal dibandingkan dengan minyak goreng kemasan seperti minyakita yang masih bertahan di angka Rp14 ribu untuk ukuran yang relatif sama.

“Kenaikan harga minyak goreng tersebut beiringan dengan kenaikan harga CPO dalam sebulan terakhir,” kata Gunawan.

Meski demikian dalam 6 bulan belakangan ini harga CPO relatif bergerak stabil dalam rentang Rp3.600 hingga Rp4.000 ringgit per tonnya. Berdasarkan hasil perhitungan, sambungnya, untuk besaran indeks harga pasar minyak goreng masih di bawah angka 100 (98). Yang memang jika ditarik harga dari produsen hingga ke konsumen, harga minyak goreng curah masih terbilang wajar namun murah.

Di sisi lain, harga cabai melemah bergerak dalam kecenderungan melemah dalam sepekan terkahir. Harga cabai rata-rata turun sekitar 1.000 rupiah per Kg. Di kota medan cabai merah bergerak di kisaran harga 30 ribuan per Kg. Selain cabai, bawang merah juga mengalami penurunan harga yang sama.

Saat ini bawang merah ditransaksikan di kisaran level Rp35 ribu per Kg di kota Medan. Dan cabai rawit juga mengalami penurunan dalam rentang Rp4.000 hingga Rp7.000 per Kg. Saat ini dijual dikisaran Rp38 hingga Rp40 ribu per Kg nya.

Dan untuk kinerja harga sejumlah kebutuhan pangan lainnya seperti gula pasir masih bergerak dalam rentang Rp16 ribu hingga Rp17 ribu per Kg. Untuk harga daging ayam masih stabil dikisaran Rp30 ribuan per Kg. Telur ayam juga cukup stabil dikisaran yang sama dengan pekan sebelumnya dikisaran Rp27.200 per Kg nya.

“Selain itu, untuk harga beras dan daging sapi juga masih mampu bertahan stabil. Sejauh ini, kelompok harga pangan strategis masih menyumbangkan deflasi yang sangat kecil,” pungkasnya. (ng)