20/06/2024 2:23
EKONOMI & BISNIS

Job Fair Dinas Ketenagakerjaan di Medan Labuhan Sediakan 243 Lowongan Kerja

Job Fair Dinas Ketenagakerjaan di Medan Labuhan sediakan 243 lowongan kerja. Ist

Fokusmedan.com : Dinas Ketenagakerjaan Medan kembali mengadakan job fair. Kali ini digelar di kantor Camat Medan Labuhan dan diikuti 10 perusahaan yang menyediakan 29 jabatan dengan 243 lowongan kerja.
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Medan Illyan Chandra Simbolon diwakili Kabid Penempatan Tenaga Kerja Dumaria Gultom, mengatakan, kegiatan mempertemukan secara langsung pencari kerja dengan perusahaan penyedia pekerjaan.
Dia merincikan, kuota tenaga kerja lelaki yang dicari dalam job fair ini sebanyak 101, sedangkan perempuan 134. Dalam perhelatan ini, lanjutnya, perusahaan Alfamidi juga menyediakan tiga lowongan untuk difabel.
“Diharapkan job fair ini dapat mengurangi angka pengangguran,” ujarnya, Rabu (18/1/2024).
Ia mengatakan, selain menghelat job fair, Dinas Ketenagakerjaan juga mempunyai aplikasi Siduta yang juga mempertemukan pencari dan perusahaan penyedia pekerjaan. Dan minat pencari kerja memanfaatkan job fair cukup tinggi, termasuk di kawasan Medan Utara.

“Seperti tahun lalu, pada pelaksanaan tahun ini masyarakat di Medan Utara cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Para pencari kerja sejak pagi hari sudah hadir untuk bertemu dengan perusahaan penyedia pekerjaan,” tegasnya.

Duma menambahkan, tahun ini pihaknya mengadakan penyuluhan dan bimbingan secara langsung di lokasi pelaksanaan. Sebelum wawancara dengan pihak perusahaan para pencari kerja mendapat pelayanan konseling oleh pengantar kerja yang merupakan fungsional Dinas Ketenagakerjaan Medan.
“Tujuan konseling ini untuk menggali potensi, minat, keterampilan pencari kerja u yang nantinya disesuaikan dengan kebutuhan, jabatan atau lowongan yang disediakan perusahaan peserta job fair ini,” terangnya.
Kesepuluh perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan melalui job fair ini yakni RSU Mitra Medika, PT Pharos, RSU Wulan Rindy, PT PNM, PT LOLC Ventura Indonesia, Alfamidi, PT Tri Adi Bersama, PT Intrias Mandiri Sejati, Indomaret, dan PT Panca Buana.
Camat Medan Labuhan Khairun Nasyir mengungkapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution yang melalui Dinas Ketenagakerjaan menggelar job fair di wilayah kecamatannya.

“Meskipun job fair ini diperuntukkan untuk seluruh warga, namun lokasi pelaksanaan ini mendekatkan masyarakat Medan Labuhan dengan perusahaan pencari kerja,” ungkapnya seraya menilai, job fair ini memberikan peluang bagi para pencari kerja sekaligus mengurangi angka pengangguran,” pungkasnya. (ram)